Poin Penting Memandikan Bayi Yang Benar

Memiliki bayi membuat hari-hari menjadi lebih berwarna. Namun tidak sedikit ibu yang kesulitan mengurus mandi, salah satunya saat harus memandikannya. Perlu diketahui, cara memandikan bayi yang baru lahir atau di minggu-minggu awal sangat berbeda dengan cara memandikan yang sudah berusia 6 bulan ke atas.

Memandikan bayi harus dilakukan dengan hati-hati karena tulangnya masih lemah dan posisinya harus benar agar ia tidak sakit. Berikut ini kami akan informasikan hal-hal penting saat memandikan buah hati yang bisa Anda praktekkan sendiri.

baca juga: Perlengkapan Dan Tahapan Memandikan Bayi Yang Benar

Peralatan Mandi

Pertama-tama siapkan peralatan mandi bayi, seperti: bak mandi khusus bayi, sabun, shampoo, waslap, minyak telon dan bedak.

Air Hangat

Lalu siapkan air hangat suam-suam kuku atau 35-37 derajat celcius. Sebelum bayi dimandikan, cek terlebih dulu suhu air dengan cara masukkan tangan Anda ke dalam bak mandi bayi. Hindari bayi mandi dengan air dingin, karena mengganggu kestabilan organ di dalam tubuh bayi dan bisa menyebabkan bayi terkena flu atau masuk angin. Hindari juga air panas karena dapat melukai kulit bayi melepuh.

Posisi Tubuh Bayi

Perhatikan posisi bayi, agar ia nyaman. jika Anda takut memandikan bayi yang baru lahir, solusinya bisa membersihkan tubuh bayi di atas permukaan meja yang sudah dilapisi handuk. Lalu basuh perlahan tubuh bayi menggunakan waslap yang sudah ditetes sabun. Hindari menggunakan sabun yang banyak busa karena jika tidak dibersihkan dengan baik bisa menempel di kulit bayi yang masih sensitif. Akibatnya bisa menyebabkan ruam dan iritasi.

Urutan Bagian Tubuh Yang Dibersihkan

Tidak ada aturan khusus urutan bagian tubuh yang harus dibersihkan. Namun jika Anda memandikannya menggunakan bak bisa lakukan berdasarkan urutan mulai dari daerah perut sampai kaki, usat lalu pijat tubuhnya dengan lembut.

Memandikan bagian bawah tubuh bayi terlebih dulu bisa membuat ibu lebih waspada jika tiba-tiba bayi merasa kedinginan. Jika bayi merasakan dingin, bisa gosok dengan waslap saja.

Bersihkan area kepala menggunakan waslap, termasuk jika ada kotoran di mata, hidung dan telinga. Waktu memandikan bayi tidak boleh lebih dari 10-15 menit agar suhu tubuhnya tetap normal. Perhatikan lipatan tubuh,seperti siku, ketiak dan lutut. Ketiganya merupakan bagian tubuh yang sering muncul ruam atau biang keringat.

Jangan Mandikan Bayi Setelah Makan

Setelah makan beri waktu 60 atau 90 menit  bayi dimandikan dan pasikan makanan yang dimakan tidak dimuntahkan kembali. Hindari memandikan bayi langsung setelah ia habis makan, karena pengaruh suhu air dan suhu lingkungan di sekitar bayi dapat merangsang sistem pencernaan. Di khawatirkan bayi yang kondisi perutnya penuh akan muntah saat dimandikan.

Demikian tips memandikan bayi yang perlu ibu ketahui. Semoga artikel ini dapat menambah informasi khususnya seputar perawatan bayi yang benar.

 

Be the first to comment on "Poin Penting Memandikan Bayi Yang Benar"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*