Posisi Ibu Menyusui yang Membuat Bayi Nyaman

shutterstock_368081498_resizePosisi ibu menyusui yang benar memberikan pengaruh yang signifikan terhadap asupan air untuk buah hatinya. Setiap ibu yang menyusui harus mengetahui cara menyusui yang benar agar produksi ASI lancar. Jika posisi menyusui benar, bisa merangsang produksi ASI dan refleks menghisap bayi lebih kuat.

Berikut beberapa posisi menyusui yang benar, yaitu:

Posisi Mendekap

Posisi mendekap saat menyusui merupakan posisi yang tepat untuk bayi yang baru lahir. Posisi bayi menghadap ke arah Anda dan kepalanya diletakkan di siku lengan. Pastikan Anda nyaman saat menyusui dengan posisi ini. Jaga posisi kulit bayi bersentuhan dengan kulit Anda.

Posisi mendekap saat menyusui ada dua jenis, yaitu, pertama adalah posisi mendekap silang, dan kedua adalah mendekap gendong. Menyusui dekap silang sama dengan posisi duduk tetapi pada posisi ini lebih kontrol pada kepala. Caranya satu lengan mendukung atau menahan tubuh bayi sedangkan tangan yang satunya mendukung bagian kepala. Posisi ini bagus untuk bayi yang lahir premature atau ibu yang putingnya kecil.

Sedangkan dekap gendong merupakan posisi yang banyak disukai ibu menyusui. Seperti namanya posisnya membolehkan perut ibu dan anak bertemu. Tubuh bayi berada dalam pelukan dan menahan kepada, badan, dan punggung bayi. Bagian lengan bayi berada di bagian sisinya.

Posisi Berbaring

posisi berbaring miring sangat baik saat memberikan ASI pertama kali atau bisa dipakai saat ibu dalam kondisi yang lelah. Posisi ini baik dilakukan untuk ibu yang persalinannya menggunakan operasi caesar. Posisi ini memberikan waktu Anda untuk bersantai dan bisa sambil tidur

Posisi Duduk

Sedangkan posisi duduk saat menyusui memberikan topangan atau sandaran punggung ibu. Pastikan posisi punggung lurus 90 derajat. Posisi duduk bisa dilakukan sambil bersila di atas tempat tidur, di lantai, atau di kursi. Menyusui dengan posisi bisa menjadi pilihan jika bayi terkena flu atau sakit telinga.

Posisi Cengkram

Posisi ibu menyusui posisi cengkram atau disebut juga dengan istilah posisi pencengkram sepak bola sangat baik dipraktikkan untuk ibu yang memiliki payudara besar, bayi yang lahir premature, ibu yang baru pulih dari operasi caesar atau menyusui bayi kembar dalam waktu bersamaan.

Caranya: pegang bayi di samping tubuh Anda dengan posisi kaki bayi ke belakang Anda. Badan bayi terselip di bawah lengan seolah-olah Anda sedang memegang bola kaki. Agar lebih nyaman perlu bantal untuk menyokong badan bagian belakang ibu.

shutterstock_226472062_resizeIbu yang pertama kali baru melahirkan anak pertama perlu membiasakan diri dan mencari posisi yang nyaman. Tidak sedikit ibu menyusui kesulitan membuat posisi menyusui yang benar. Jika posisi sudah tepat dan baik bayi akan memperlihatkan tanda-tanda, seperti: seluruh tubunya berdekatan dan menghadap pada ibu, dagu dan mulutnya dekat dengan payudara, tidak merasakan nyeri di bagian putting, areola tidak terlihat jelas dan bayi terlihat tenang dan senang.

Be the first to comment on "Posisi Ibu Menyusui yang Membuat Bayi Nyaman"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*