Posisi Ibu Menyusui Yang Nyaman Untuk Bayi Dan Ibu

Setelah melahirkan ibu harus melanjukan dengan memberikan ASI. Seperti kita ketahui ASI sangat penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi bayi. Bagi ibu pemula, proses menyusui bukanlah hal yang mudah. Ibu harus dibiasakan diri menyusui bayinya dalam posisi apapun. Sebenarnya ada beberapa posisi ibu menyusui yang memberikan pengaruh kepada asupan susu ke buah hati namun tidak semua ibu mengetahuinya.

Nah dalam artikel ini kita akan membahas posisi ibu menyusui yang bisa merangsang produksi ASI ibu dan membuat bayi dengan refleks menghisap putting lebih kuat.

Posisi Mendekap Bayi

Posisi mendekap saat menyusui merupakan salah satu posisi yang tepat untuk bayi yang baru saja dilahirkan. Kepala bayi diletakkan pada siku lengan dan posisinya menghadap ke arah ibu. Jaga posisi kulit bayi saat bersentuhan dengan kulit Anda.

Ada dua jenis posisi menyusui dengan cara mendekap, yaitu:

  • Posisi mendekap silang adalah posisinya mirip seperti posisi duduk namun pada posisis dekap silang lebih terkontrol. Posisi ini bagus dan disarankan untuk menyusui bayi yang lahirnya premature atau ibu yang putting susunya kecil.
  • Posisi dekap gendong adalah posisi favorit ibu menyusui. Seperti namanya posisi ini memperbolehkan bayi dan perut ibu saling bertemu. Tubuh bayi berada dalam pelukan.

Posisi Berbaring

Posisi berikutnya yang baik untuk menyusui saat pertama kali memberikan ASI adalah dengan cara berbaring. Posisi ini cocok untuk ibu yang masih lelah setelah melahirkan dan baik untuk ibu yang proses melahirkannya menggunakan operasi caesar. Posisi ini memberikan waktu ibu lebih santai dan bisa sambil tidur. Namun hati-hati jangan sampai bayi tertindih saat memberikan ASI dengan posisi ini.

Posisi Duduk

Posisi menyusui sambil duduk memberikan sandaran punggung ibu. Pastikan punggung lurus dengan posisi 90 derajat. Posisi ini bisa dilakukan sambil kaki bersila, di tempat tidur, dikursi atau dilantai.. Posisi ini tepat dijadikan pilihan jika bayi sedang terkena sakit telinga atau flu.

Posisi Cengkram

Posisi menyusui yang terakhir yang baik adalah posisi cengkram. Seperti namanya posisi ini seperti pencengkram sepak bola. Posisi ini cocok untuk ibu yang memiliki payudara besar atau bayi yang lahir premature. Selain itu posisi cengkram cocok juga untuk ibu yang melahirkan dengan proses caesar atau menyusui bayi kembar yang harus dilakukan dalam waktu bersamaan.

Ibu yang baru pertama kali menyusui harus membiasakan diri mencoba dan mencari posisi menyusui yang nyaman. Masih banyak ibu yang kesulitan menentukan posisi yang benar, Nah, jika demikian maka bisa mencoba posisi menyusui yang sudah dibahas. Demikian pembahasan mengenai posisi ibu menyusui yang membuat ibu dan bayi nyaman. Semoga artikel ini dapat menambah informasi dan bermanfaat!

Be the first to comment on "Posisi Ibu Menyusui Yang Nyaman Untuk Bayi Dan Ibu"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*