Ragam Asi Booster untuk Ibu Menyusui

Para ibu tentunya ingin memberikan yang terbaik bagi buah hatinya, salah satunya adalah dengan memberikan ASI Eksklusif hingga bayi usia 6 bulan dan kemudian melanjutkannya hingga bayi berusia 2 tahun. Akan tetapi, bagi ibu menyusui, seringkali memiliki kendala karena ASI yang sedikit. Hal ini tentunya bisa membuat ibu bingung dan sedih. Namun, para ibu tetap harus berusaha untuk menambah ASI, salah satunya adalah dengan mengkonsumsi makanan-makanan untuk Asi Booster berikut ini:

baca juga: Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Ibu Menyusui

  1. Daun Katuk

Daun katuk memang sudah dikenal sebagai bahan makanan yang bisa menambah serta melancarkan ASI. Meskipun saat ini sudah banyak yang menjual ekstrak katuk dalam bentuk kapsul atau tablet, akan tetapi mengkonsumsi daun katuk secara langsung tentunya akan lebih baik. Daun katuk ini bisa dikonsumsi dengan dibuat sayur kemudian dimakan daunnya, atau bisa juga dengan direbus kemudian air hasil rebusannya diminum. Rasa daun katuk ini terbilang enak, karena hampir mirip dengan bayam. Untuk hasil lebih optimal, daun katuk ini bisa dikonsumsi setiap hari.

  1. Marning

Makanan selanjutnya yang bisa menjadi ASI booster adalah marning. Marning ini adalah sebutan bagi jagung yang digoreng. Rasa marning gurih dan renyah sehingga sangat cocok dikonsumsi untuk cemilan tatkala sedang menyusui atau sedang bersantai sambil menjaga bayi yang sedang tidur.

  1. Singkong

Singkong tak hanya enak dikonsumsi sebagai cemilan ketika santai, akan tetapi singkong juga bisa digunakan sebagai ASI booster untuk ibu menyusui. Akan tetapi pengolahan singkong yang digunakan untuk menambah ASI adalah dengan cara dibakar. Untuk hasil yang optimal, makan singkong bakar sebagai cemilan saat pagi dan sore hari.

  1. Kacang Almond

Kacang almond juga dipercaya sangat baik sebagai ASI booster, tak hanya bisa membuat ASI lancar dan banyak, namun juga bisa membuat ASI menjadi kental sehingga mengenyangkan bayi. Kacang almond ini memang terbilang cukup mahal harganya dibandingkan dengan jenis kacang lainnya, akan tetapi hal tersebut tentunya bukan menjadi halangan untuk bisa memberikan yang terbaik bagi sang buah hati.

  1. Kacang Kedelai

Selain kacang almond, jenis kacang lainnya yang dipercaya bisa dijadikan sebagai ASI booster adalah kacang kedelai. Apabila ingin mengkonsumsinya secara praktis, maka bisa dengan mengkonsumsi susu kedelai.

Itulah beberapa jenis makanan alami yang bisa dijadikan sebagai ASI booster atau penambah ASI, sehingga ASI yang didapatkan oleh ibu menyusui bisa mencukupi untuk kebutuhan si buah hati yang masih dalam masa pertumbuhan. Selain mengkonsumsi makanan pelancar ASI, yang harus diperhatikan lagi adalah ibu tidak boleh stress, dikarenakan psikologis ibu juga memberikan pengaruh besar pada lancar tidaknya ASI yang dihasilkan oleh ibu.  

Be the first to comment on "Ragam Asi Booster untuk Ibu Menyusui"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*