Ragam Perlengkapan Sekolah Anak TK yang Harus Disiapkan

 

Saat anak sudah mulai masuk usia sekolah, sepertinya tidak hanya anak yang merasakan euforia, orangtuanya pun pasti merasakan hal yang serupa. Perasaan tentu bercampur aduk mulai bangga, haru, dan di satu sisi lainnya mungkin juga bingung untuk mempersiapkan perlengkapan sekolah anak TK, misalnya memilih tas anak.

Nah, berikut adalah panduan beberapa barang yang harus disiapkan menjelang anak masuk TK agar tidak ada yang terlewat.

  1. Seragam

Hal yang esensial saat anak akan masuk sekolah tentu saja adalah pakaiannya. Biasanya untuk seragam, didapat dari sekolah tempat anak Anda akan belajar. Kadang kala seragam ini masih berbentuk kain. Jadi ada baiknya Anda menjahitkan seragam paling lambat 2 bulan sebelum tahun ajaran baru dimulai. Jika terlalu mepet dengan tahun ajaran baru, bisa jadi Anda kesulitan mendapatkan penjahit karena biasanya sudah banyak yang menjahitkan seragam terlebih dahulu dibandingkan Anda. Jangan lupa pula untuk menyiapkan pakaian dalam seperti kaus singlet agar anak nyaman beraktivitas sehari hari.

  1. Tas sekolah

Untuk anak di usia TK, sebenarnya tas bukanlah barang prioritas. Hal ini tentu karena tidak banyak barang dan buku yang harus dibawa ke sekolah. Namun agar anak Anda terlihat seperti anak sekolah (yang tentunya meningkatkan kepercayaan diri anak Anda), Anda pun harus menyiapkan tas sekolah. Tas sekolah untuk anak Anda pun lebih baik tidak yang berukuran terlalu besar. Cukup siapkan ransel ukuran mini yang cukup diisi krayon dan kotak bekal saja. Selain itu, lebih baik jika si kecil dilibatkan dalam pemilihan tas sekolah ini agar dapat mengerti mana yang menjadi inginnya. Tips untuk memilih tas sekolah anak TK ini dapat Anda baca selengkapnya pada tautan ini.

  1. Sepatu

Sepatu adalah perlengkapan sekolah yang tidak boleh sampai ketinggaan untuk disiapkan. Hal ini menunjang aktivitas anak Anda di sekolah. Sebelum membeli sepatu baru, Anda bisa menanyakan pihak sekolah TK apakah ada ketentuan mengenai sepatu ini, seperti misalnya apakah harus berwarna hitam. Tanyakan pula untuk anak perempuan haruskah menggunakan sepatu model pantofel atau boleh menggunakan sepatu olahraga. Jika tidak ada ketentuan khusus, maka lebih disarankan untuk memakaikan anak Anda sepatu olahraga. Selain hemat dan praktis karena setiap olahraga tidak perlu berganti sepatu, sepatu olah raga cenderung lebih nyaman digunakan karena lebih kuat dan tidak mudah lepas sehingga potensi anak tersandung oleh sepatunya sendiri semakin kecil. Selain itu, jangan pula membeli sepatu dengan ukuran yang terlalu kecil atau pun terlalu besar karena hal ini akan memengaruhi tumbuh kembang kaki anak.

  1. Peralatan tulis dan mewarnai

Saat sekolah, apalagi sekolah TK, sesi yang hampir selalu ada adalah latihan menulis dan mewarnai. Oleh karena itu, Anda pun harus menyiapkan hal ini. Cukup belikan saja satu kotak pensil dengan isi pensil dan penghapus, serta satu set alat mewarnai. Untuk alat mewarnai ini Anda dapat memilih pensil warna maupun krayon, bergantung dari kesenangan anak menggunakan pewarna yang seperti apa.

  1. Kotak Bekal

Terakhir untuk perlengkapan sekolah anak TK, biasakan anak Anda membawa makanan sendiri agar dapat memastikan gizi serta kebersihan dari makanannya. Oleh karena itu, Anda harus menyiapkan kotak bekal beserta botol minumnya. Jangan malas untuk memasakkan sarapan dan bekal untuk anak Anda, karena dengan itu lah biasanya cinta ibu tersalurkan melalui makanan yang dibuatkan untuk buah hati.

Be the first to comment on "Ragam Perlengkapan Sekolah Anak TK yang Harus Disiapkan"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*