Rawat Kulit Bayi dengan Memakaikan Baju Bayi yang Tepat

Apabila Anda baru melahirkan seorang bayi lucu, maka selamat atas kelahirannya. Tantangan selanjutnya adalah dengan merawat si kecil. Tentu merawat bayi diakui bukan pekerjaan yang mudah karena memang membuat stres dan melelahkan. Namun jangan sampai itu semua membuat Anda menjadi menyerah karena perjalanan masih panjang. Salah satu perawatan yang perlu dipertimbangkan adalah tentang kulit si kecil. Kulit pada bayi masih lembut dan sensitif sehingga butuh baju bayi dan produk perawatan yang lembut.

Kondisi kulit bayi, terlebih ketika baru lahir masihlah sangat lembut dan halus. Selain itu sistem kekebalannya juga masih lemah sehingga membuat kulit si kecil belum mampu sembarangan bersentuhan dengan bahan kimia hingga produk perawatan kulit. Jika Anda tidak berhati-hati ketika merawatnya, maka bukan tidak mungkin kulit si kecil akan lecet, mengering dan bahkan iritasi. Untuk itu, diharapkan setiap orang tua lebih bisa memberikan perhatian yang lebih kepada kulit si kecil.

Baca juga: Hal yang Harus Diperhatikan dalam Pemilihan Baju Bayi Agar Mendapatkan yang Cocok dan Sesuai

Berikut ini beberapa tips dalam merawat kulit bayi yang masih lembut dan sensitif:

  • Hindari terlalu sering memandikan

Ketika masa baru lahir, tubuh bayi umumnya tidak terlalu sering kotor sehingga memandikan terlalu sering sesungguhnya tidak terlalu diperlukan. Selain itu, jika kulit bayi terlalu sering menyentuh air, apalagi lebih dari 3 kali dalam seminggunya, maka hal ini bisa mengikis kadar minyak alami di tubuhnya sehingga kulitnya akan kekeringan. Selama bulan awal melahirkan membersihkan tubuh bayi cukup dilakukan dengan mengelap handuk basah saja.

  • Hindarkan dari sengatan matahari

Bayi berusia di bawah 6 bulan disarankan agar tidak terkena sinar matahari langsung, terutama di waktu sinar matahari yang berbahaya misalnya pukul 10 pagi sampai 4 sore. Jika memang terpaksa untuk mengajak keluar di waktu tersebut, maka ada baiknya jika mengoleskan tabir surya yang aman untuk anak.

  • Deterjen khusus bayi

Baju bayi juga merupakan benda penting yang selalu menempel di tubuhnya. Ada baiknya Anda mencuci baju milik si kecil dengan deterjen yang tanpa pewarna dan pewangi sehingga aman untuk kulitnya nanti ketika bersentuhan.

  • Rawat kulit kepala

Biasanya kulit kepala pada bayi baru lahir kerap terlihat kering ataupun mengelupas yang terlihat seperti ketombe. Kondisi ini umum terjadi, namun berikan perawatan yang tepat dengan cuci rambutnya memakai shampo bayi yang aman sambil dipijat kepalanya agar sisiknya bisa rontok.

Itulah beberapa tips dalam merawat kulit si kecil yang bisa Anda terapkan di rumah. Memang perawatan kulit bayi agak sedikit terlihat merepotkan, namun jika Anda sudah biasa maka semua ini tidak akan jadi masalah. Ada baiknya juga memiliki baju bayi berbahan lembut agar tidak menggores ke kulitnya.

Be the first to comment on "Rawat Kulit Bayi dengan Memakaikan Baju Bayi yang Tepat"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*