Rekomendasi Car Seat Bayi Terbaik dan Beberapa Cara untuk Memilihnya

Rekomendasi Car Seat Bayi Terbaik dan Beberapa Cara untuk Memilihnya

Car seat bayi merupakan kursi mobil khusus untuk bayi atau anak-anak dengan usia tertentu untuk melindungi mereka selama berada di atas mobil. Kursi ini didesain untuk melindungi dari kecelakaan dan meningkatkan mobilitas orangtua, walaupun begitu orangtua perlu disiapkan saat memangku bayi diatas mobil. Umumnya kursi bayi ini akan membuat anak lebih nyaman saat duduk dan nyaman saat sedang tidur. 

Rekomendasi Car Seat Bayi Terbaik dan Beberapa Cara untuk Memilihnya

Berikut adalah cara memilih kursi bayi di mobil diantaranya: 

  • Berat 5-7kg dan lebar 41-4cm merupakan ukuran yang ideal, untuk menghindari kesalahan pembelian karena ukuran yang tidak sesuai, ada baiknya mengukur lebar tempat dudukan terlebih dahulu supaya sesuai dengan anak.
  • Pilih yang mengutamakan keselamatan, harus memiliki E-Mark ECE R44 yakni standar keselamatan yang berlaku di Eropa, selain itu telah lulus uji keselamatan anak ADAC di Jerman yang memberikan penilaian serta standar keselamatan yang tinggi untuk bayi.
  • Pilih berdasarkan fungsinya, digunakan untuk mobil penumpang dengan tiga titik sabuk pengaman dan pemasangan kursi bayi di mobil tidak sesuai prosedur akan menurunkan keselamatan buah hati.

Saat memilih car seat bayi periksa petunjuk usia penggunaannya, perlu diingat bahwa sabuk pengaman anak-anak tanpa car seat efektif memiliki tinggi diatas 140cm. Sebaiknya mengganti car seat menjadi booster seat sudah melebihi tinggi 120cm hingga mencapai 140cm atau berusia sekitar 10 hingga 11 tahun. Perhatikan juga kemudahan dalam penggunaannya dengan produk yang mudah ditidurkan atau ditegakkan, tidak panas dan dapat dicuci, dan fungsi reclining yang membantu anak tidur dengan nyaman. Anak nyaman terkadang dengan bantalan kursi yang tinggi akan membuat bayi menjadi nyaman. 

Baca juga: Jenis-Jenis Car Seat Bayi Dan Cara Memilih Yang Aman Dan Nyaman

Berikut adalah rekomendasi kursi bayi di mobil diantaranya: 

  • Victory Portable Safety Seat, dengan motif polos dengan bagian belakang memiliki perpaduan warna polos dan kain bermotif dedaunan dan memiliki dudukan bentuk kuping kanguru pada bagian senderan kepalanya.
  • Joie Tilt Ladybug, memiliki sistem penguncian untuk dipasang pada kendaraan dengan sabuk pengaman 3 titik, pemasangannya juga tidak rumit dan mudah saat pengguna sering mengganti mobil.
  • Evenflo Tribute Sport Convertible Car Seat, untuk yang pergi liburan dengan menggunakan pesawat dapat digunakan di mobil yang telah lulus Administrasi Penerbangan Federal Amerika Serikat sangat aman digunakan.

Untuk rekomendasi car seat bayi lainnya adalah Aibao Standard Baby Car Seat dengan 3 tahapan dapat digunakan hingga anak berumur 12 tahun. Kursi bayi ini memiliki bobot yang ringan dengan berat 5kg saja dan desain kursi disesuaikan dengan pertumbuhan badan si kecil. Ada juga Cosco Apt 50 dengan wadah untuk cemilan minum pada bagian samping kanan dan kiri kursi dengan tidak perlu khawatir makanan dapat mengotori kursinya.

 

Be the first to comment on "Rekomendasi Car Seat Bayi Terbaik dan Beberapa Cara untuk Memilihnya"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*