Rekomendasi Makanan Bayi Saat Berumur 1 Tahun yang Tepat untuk Diberikan

Di dalam tahun pertama ia tumbuh, bayi mempunyai kecepatan pertumbuhan yang sangat mengagumkan. Agar bisa mengimbanginya, Anda dapat memberikan makanan bayi dengan tepat. Ketika berada di usia 1 tahun. Sudah waktunya Anda memberi anak makanan 3 kali sehari dan bisa diselingi dengan memberikan camilan di waktu makan tersebut. Anda dapat mulai mencoba memperkenalkan makanan yang memiliki tekstur padat seperti yang dikonsumsi oleh orang dewasa. Namun makanan padat ini harus diberikan dalam bentuk yang mudah dikunyah, dicerna serta ditelan oleh sistem pencernaan anak.

Beri makanan yang bervariasi pada buah hati. Semakin banyak variasi makanan, akan semakin bagus untuk bisa memenuhi seluruh kebutuhan nutrisi anak. madu dan susu sapi bisa diberikan pada anak saat ia berusia lebih dari 1 tahun. Selain itu, jenis makanan lain yang bisa diperkenalkan seperti biji-bijian, ikan, olahan kacang dan yang lainnya. jika keluarga Anda mempunyai riwayat alergi, Anda bisa memilih makanan yang paling tepat untuk buah hati Anda.

Baca juga: Manfaat Pemberian Makanan Bayi Sesuai Usia yang Dianjurkan

Berikut berbagai macam makanan bayi yang direkomendasikan untuk diberikan, antara lain:

  • Nasi merah. Nasi merah memiliki kandungan banyak energi, protein, vitamin dan mineral yang besar jika dibandingkan dengan nasi putih. Nasi jenis ini juga mempunyai kandungan karbo yang kompleks dan bisa diserap lebih lama di dalam tubuh sehingga kadar glukosa di dalam darah lebih stabil,
  • Ubi. Makanan ini memiliki banyak kandungan vitamin A dan C dan kaya akan fitokimia. Salah satu fungsi senyawa dari fitokimia ialah untuk benteng bagi tubuh pada serangan berbagai macam penyakit. Daging ayam, kebaikan daging berada pada jumlah lemak yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan daging merah. Namun kulit ayam memiliki kandungan lemak yang lebih banyak,
  • Sayuran dengan warna terang. Sayuran yang memiliki warna terang memiliki kandungan fitokimia yang memiliki peran untuk mencegah berbagai macam penyakit seperti kanker dan jantung koroner,
  • Jeruk. Jeruk juga menjadi sumber utama vitamin C. vitamin yang satu ini memiliki peran penting untuk membantu penyerapan zat besi di dalam tubuh.

Memberi makanan untuk anak yang berumur 1 tahun bisa dikatakan gampang-gampang susah. di sisi gampang karena da berbagai macam makanan yang bisa kita berikan. Namun fenomena anak yang susah makan dapat timbul jika ia menjadi pemilih makanan. lain lagi anak yang gemar mengkonsumsi camilan dan manis-manis, bisa beresiko tinggi terkena obesitas.

Ketika memberi makanan bayi, pada dasarnya orang tua merupakan contoh. Anak akan mencontoh pola makan yang dimiliki oleh orang tua. Oleh sebab itu pola makan yang dimiliki orang tua harus teratur. Usahakan waktu makan anak sama seperti waktu makan keluarga, jangan lupa pastikan makanan yang anak konsumsi sama dengan makanan yang Anda konsumsi.

 

 

Be the first to comment on "Rekomendasi Makanan Bayi Saat Berumur 1 Tahun yang Tepat untuk Diberikan"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*