Resep dan Bahan Mpasi Bayi Nasi Tim Hati Ayam dan Brokoli

Memberikan asupan makanan yang bernutrisi salah satu hal penting guna menunjang pertumbuhan dan perkembangan buah hati. Saat usianya 10 bulan bayi bergerak semakin aktif, rasa ingin tahunya sangat tinggi terutama benda-benda yang ada di sekelilingnya. Agar perkembangannya optimal perlu didukung asupan bahan Mpasi yang memiliki keseimbangan gizi tinggi.

Usia 10 bulan bayi sudah memiliki kemampuan mengunyah dan menelan makanan dengan baik. Anda sudah bisa melatih kecil makan sendiri dengan finger food.  Mengingat kebutuhan nutrisinya sangat banyak maka perlu lebih diperhatikan kelengkapan nutrisinya. Sajian menu yang bervariasi bisa menjadi pelengkap setiap bahan yang digunakan.

Beberapa makanan yang direkomendasikan meliputi: buah-buahan, ikan, sayuran, protein hewani dan makanan bergizi lainnya. Namun hindari sayur-sayuran dan buah-buahan yang mengandung serat tinggi, seperti sirsak, nangka, dan durian. Mengapa tidak boleh? karena dikhawatirkan mengganggu pencernaannya dan mengganggu tumbuh kembangnya.

Jika Anda menggunakan bahan daging unggas sebaiknya berikan daging ayam kampung. Karena ayam kampung masih alami dan tidak menggunakan bahan kimia pada makanannya. Sedangkan untuk ikan, pilih ikan yang bebas dari merkuri seperti: ikan tuna dan salmon.

Baca Juga : Cara Mengobati Putting Lecet Akibat Gigitan Bayi

Salah satu bahan yang bisa dijadikan salah satu pilihan mpasi usia 10 bulan adalah nasi tim. Tekstur lebut dan sedikit lengket memudahkan bayi untuk menelan. Selain itu, nasi tim baik aman dan tidak mengganggu pencernaan. Untuk menambah nutrisi, Anda bisa menambahkan beberapa jenis sayuran atau daging yang dicampurkan pada nasi tim tersebut.

Misalnya divariasikan dengan brokoli,hati ayam, jagung atau bahan lainnya yang direkomendasikan untuk bayi 10 bulan. Bagi Anda yang bingung menentukan menu mpasi yang divariasikan jangan khawatir karena di sini akan dibagikan resep makanan yang bisa membantu tumbuh kembang si kecil.

Resep Nasi Tim Variasi Hati Ayam dan Brokoli

Bahan-bahan yang harus disiapkan adalah:

  • 10 sdm beras merah
  • 20 gram hari ayam
  • Brokoli 20 gram
  • Wortel 20 gram
  • Air kaldu 500ml
  • 20 gram keju

Cara Membuatnya:

Pertama-tama rebus beras dan hati ayam menggunakan air kaldu hingga matang dan mengental. Setelah itu masukkan brokoli dan wortel yang sudah dibersihkan dan dihaluskan. Kemudian aduk hingga rata dan matang.

Selesai sudah membuat nasi tim yang divariasikan dengan hati ayam dan sayuran. Anda bisa menambahkan taburan keju untuk menambah nutrisi dan cita rasa.

Selain diberi makanan tambahan seperti nasi tim, usia 10 bulan sudah bisa diberi camilan. Pada usia tersebut bayi memiliki kemampuan memegang makanan. Oleh karena itu Anda sudah bisa memberikan makanan padat yang bisa digenggam atau dikenal juga dengan istilah finger food. Atau Anda bisa membuat camilan sehat sendiri misalnya agar-agar dengan bahan-bahan dasar dari buah-buahan atau biscuit.

Bahan mpasi camilan dari buah-buahan dan sayur-sayuran tentu sangat bergizi dan sangat membantu meningkatkan imun tubuh, menjaga pencernaan dan mencegah buah hati terkena penyakit.

Be the first to comment on "Resep dan Bahan Mpasi Bayi Nasi Tim Hati Ayam dan Brokoli"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*