Sangat Penting Paham Tips MPASI Bagi Pemula

Sangat Penting Paham Tips MPASI Bagi Pemula

Bagi seorang ibu memberikan gizi terbaik bagi anak tentu merupakan tujuan yang paling penting, karena dengan gizi yang baik anak akan mendapatkan tubuh yang sehat dan perkembangan yang baik juga. Memberikan asi ekslusif tentu menjadi pilihan terbaik, namun saat bayi sudah berada pada usia lebih dari 6 bulan tak ada salahnya untuk mengikuti tips mpasi untuk bisa menunjang gizi yang lain.

Selain sebagai penunjang gizi menerapkan tips mpasi juga bisa sebagai saran seorang ibu untuk memperkenalkan aneka jenis makanan kepada sang anak. Namun bukan berarti kalian bisa memberikan segala macam jenis makanan bagi anak yang bunda.

Sangat Penting Paham Tips MPASI Bagi Pemula

Perhatikanlah aturan dalam memberikan makanan padat bagi bayi, karena setiap anak memiliki perkembangan yang berbeda sebaiknya pastikan terlebih dahulu anak telah siap untuk memulai mengenal mpasi. Ciri umum yang bisa dilihat dari anak yang siap yaitu saat anak mulai menggapai makanan dan memasukkannya dalam mulut, sudah bisa duduk sendiri, tertarik pada makanan yang kita makan atau yang paling penting ia sudah bisa untuk menelan makanan.

Untuk anak yang masih berusia dibawah satu tahun perlu untuk menjauhkan anak dari makanan yang terbuat dari biji-bijian yang memungkinkan terjadi tersedak pada si kecil. Selain itu juga hindari memberikan makanan cepat saji maupun makanan instan dalam kemasan.

Tips mpasi yang paling utama adalah memberikan makanan yang memiliki kandungan yang baik dan alangkah baiknya jika itu merupakan olahan kalian sendiri. Dengan mengolah sendiri tentu kalian bisa pastikan kandungan serta cara pengolahan nya sudah dilakukan dengan baik.

Untuk melatih indra pengecap bayi kalian bisa memberikan makanan penunjang asi secara pure dalam bentuk asli seperti wortel, brokoli, pepaya ataupun sayur dan buah yang lain. Namun pastikan untuk mengukus terlebih dahulu agar bayi bisa mudah dalam menelannya dan potong menjadi bentuk yang lebih kecil-kecil. Jika masih takut bayi akan tersedak kalian juga bisa melumatkan makanan- makanan tersebut menjadi bentuk bubur. Kalau ingin mendapatkan tekstur yang lebih empuk bisa dengan cara memblendernya sehingga anak juga semakin mudah dalam memakan.

Jika bayi sudah terbiasa dengan makanan jenis buah dan sayur kalian bisan melanjutkan dengan memberikan asupan lain yang didapat dari daging atau ikan. Untuk jenis ini pastikan untuk menghaluskannya lebih lembut atau cara terbaiknya adalah dengan memberikan kaldunya saja untuk memperkenalkan jenis makanan ini.

Baca juga artikel menarik lainnya di bayionline.net

Itu tadi beberapa tips mpasi yang mungkin bisa kalian terapkan dalam memberikan makanan pendamping bagi anak. Karena kesehatan anak adalah prioritas maka pastikan untuk memberika yang terbaik dan menjaga higenitas. Makanan buatan sendiri adalah solusi yang paling baik diberikan kepada anak, Selamat berkreasi agar anak tidak mudah bosan.

Be the first to comment on "Sangat Penting Paham Tips MPASI Bagi Pemula"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*