Sebelum Membeli Car Seat Bayi Terbaik, Ketahui Dulu Ragam Jenisnya Supaya Tak Salah Pilih!

Setiap orangtua tentu memiliki perencanaan tersendiri untuk memenuhi kebutuhan perlengkapan bayi jenis apa saja. Hal ini tentu menyesuaikan dengan keinginan orangtua itu sendiri yang disesuaikan dengan kondisi. Misal, orangtua yang memiliki seabrek kegiatan di luar rumah akan jauh lebih menguntungkan menyediakan car seat bayi. Sebaliknya, apabila memang jarang bepergian dan lebih sering berada di rumah dan sekitarnya maka perlengkapan ini bisa di nomor sekian kan.

Kenalan Dulu dengan Jenis Car Seat untuk Bayi

Baca Juga: Kiat Memilih Bouncer Bayi Berkualitas Tinggi

Berbicara mengenai car seat untuk bayi, ternyata orangtua perlu teliti dalam memilih sebab jenis di pasarannya ternyata lumayan beragam. Beberapa jenis ini hadir untuk menyesuaikan dengan usia serta berat badan buah hati. Supaya tidak salah pilih dan fungsional, berikut beberapa jenis car seat baby Yang perlu diketahui:

  • Infant car seat, Melihat orangtua lain cukup aman dan nyaman mengajak buah hati bepergian dengan mobil pribadi, tentu menjadi sumber inspirasi untuk melakukan hal serupa. Car seat yang dibuat khusus untuk bayi akan berfungsi sebagai alas ketika bayi diletakkan di kursi penumpang kendaraan. Pemilihan material khusus menjadikannya memberikan kenyamanan bagi si kecil selama perjalanan sehingga tidak terlalu rewel. Bagi orangtua yang membutuhkan perlengkapan bayi satu ini usahakan memilih sesuai tahapan usia. Jenis infant car seat akan cocok bagi bayi baru lahir sampai menginjak bobot maksimal 13 kilogram.
  • Forward facing seat, Semakin bertambah usia anak, sudah tentu akan membuat tubuhnya ikut berkembang mulai dari berat badan sampai ukuran bajunya pun ikut membesar. Beberapa bayi bahkan cenderung tumbuh melebihi biasanya misal karena sedikit gemuk atau sudah mencapai kategori obesitas. Bagi orangtua yang hendak mencari car seat bayi yang nyaman dan tepat pertimbangkan jenis yang sesuai usia. Jenis forward facing seat dibuat dengan desain khusus untuk bayi usia sekitar 9 bulan sampai menjelang 4 tahun.
  • Combination seat, Ada banyak jenis car seat untuk buah hati di kisaran usia tertentu dengan rentan berat badan tertentu pula. Salah satu jenisnya yang biasanya dipilih ialah combination seat, sesuai dengan namanya car seat ini dibuat dengan desain kombinasi. Yakni antara desain infant car seat dengan forwardfacing seat alhasil membuatnya cukup aman dan nyaman untuk bayi baru lahir sampai ia menginjak usia 4 tahun. Tidak heran bagi orangtua yang ingin hemat dan praktis lebih banyak memilih car seat jenis ini sebab bisa dipakai sampai anak berusia 4 tahun.
  • Hightback Booster with seat belt, Sesuai dengan namanya, car seat dari jenis hightback booster ini menyediakan desain yang lebih bongsor. Sebab car seat satu ini memang dibuat khusus untuk kebutuhan sandaran di kursi penumpang bagi bayi usia 9 bulan sampai 11 tahun. Sehingga masih bisa dipakai sampai anak masuk ke bangku sekolah bahkan lulus jenjang pendidikan Sekolah Dasar. Lebih hemat dan juga sekaligus mengajari anak-anak untuk duduk manis saat mobil melaju.
  • Booster seat, Jenis booster seat disebut juga sebagai commuter seat yang memiliki desain cukup simpel berupa alas duduk. Car seat bayi jenis ini lebih cocok untuk anak-anak yang sudah bisa duduk sendiri dan menggunakan sabuk pengaman yang terdapat di mobil. Sama seperti jenis di atas, car seat ini pun sangat cocok bagi anak-anak rentan usia 9 bulan sampai menginjak usia 11 tahun, sehingga bisa dipakai untuk kurun waktu yang lumayan lama sekaligus untuk anak-anak yang nyaman duduk sendiri.

Be the first to comment on "Sebelum Membeli Car Seat Bayi Terbaik, Ketahui Dulu Ragam Jenisnya Supaya Tak Salah Pilih!"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*