Seberapa Penting Penggunaan Car Seat Bayi?

Seberapa Penting Penggunaan Car Seat Bayi?

Jika dibayangkan membawa bayi dengan menggunakan mobil tentu dirasa lebih mudah daripada menggunakan alat transportasi yang lain. Mayoritas orang tua akan berfikir bahwa tubuhnya yang kecil sudah cukup aman apabila diletakkan dalam pangkuan. Maka kalian salah, karena langkah yang paling tepat adalah dengan menggunakan car seat bayi.

Seberapa Penting Penggunaan Car Seat Bayi?

Mengapa penggunaan car seat bayi menjadi hal yang penting? Ini dikarenakan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan tentu akan terjadi hentakan keras yang memungkinkan bayi akan terjepit oleh tubuh orang yang menggendongnya atau kondisi terburuk yang mungkin terjadi adalah si anak akan terlempar ke depan.

Baca juga: Manfaat Penggunaan Car Seat Bayi

Jika memilih mengandalkan sabuk pengaman maka kalian juga salah karena alat keselamatan itu tidak didesain diperuntukan bagi tubuh anak-anak apalagi bayi yang justru akan membuatnya tercekik. Dengan alasan itulah mengapa penggunaan car seat bayi merupakan hal yang penting dilakukan pada saat bepergian dengan anak anda.

Car seat telah dirancang secara khusus supaya tidak menempel secara menerus di body mobil, selain itu meletakkan bayi di kursi khusus ini juga akan membantu dalam melatih anak menjadi lebih mandiri terutama saat berada di dalam mobil.

Nah car seat sendiri umunya terbagi menjadi beberapa jenis yaitu infant yang teruntukan bagi bayi dibawah 1 tahun dengan memiliki berat maksimal 10kg dan juga bisa diputar sampai 45°. Untuk tipe kedua yaitu untuk anak usia 1-4 th dengan beban maksimal 20kg, dan jenis yang ketiga diperntukan bagi anak usia 4-8 th dengan berat lebih dari 20kg.

Untuk menggunakan car seat bayi perlu memahami aturan berikut ini :

  • Berat badan anak

Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa car seat memiliki jenis dan berat maksimal sendiri sendiri maka sangat penting untuk menyesuaikan dengan berat badan anak. Hal ini bertujuan agar car seat tidak mudah rusak.

  • Pasang dengan benar

Pastikan bahwa car seat telah terpasang dengan benar di jok mobil dan tidak bergeser, dan juga pasangkan sabuk pengamannya secara benar sampai berbunyi klik.

  • Taruh di jok belakang

Jangan meletakkan car seat dan bayi pada jok depan karena terdapat air bag yang akan mengembang otomatis pada saat terjadi kecelakaan.

  • Hadapkan ke belakang

Bagi bayi yang masih berusia dibawah 1 tahun langkah terbaik adalah dengan menghadapkannya ke belakang agar bagian kepala,leher, dan tulang belakang terleindungi jika terjadi kecelakaan.

Itu tadi adalah beberapa informasi mengenai car seat bayi yang bisa menambah pengetahuan bagi kalian orang tua agar memahami pentingnya menggunakan pada saat bepergian. Mengingat keselamatan anak adalah hal yang penting jadi jangan menganggap remeh penggunaan car set ya, semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi kalian semua.

Be the first to comment on "Seberapa Penting Penggunaan Car Seat Bayi?"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*