Sehat Memandikan Bayi Ala Ibu Cerdas

Setelah Anda menikah, memiliki momongan merupakan idaman Anda dan pasangan Anda. Anda akan menjadi orang tua untuk anak-anak Anda nantinya. Kewajiban keduanya pun semakin bertambah, khususnya seorang ibu. Seorang ibu harus pandai dalam berbagai hal. Ibu cerdas dalam membesarkan anak, menjaga anak, memberi kasih sayang, dan merawat anak. Merawat anak salah satunya saat memandikan bayi. Memberikan kasih sayang dengan merawatnya adalah anugerah terindah dari Tuhan.

Memandikan si kecil adalah kegiatan yang penting meskipun Anda adalah seorang pemula. Memandikan si kecil harus dilakukan dengan benar dan penuh kasih sayang. Anda harus membersihkan bayi secara rutin supaya bayi Anda sehat dan terhindar dari penyakit. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat memandikan si kecil, antara lain:

  • menyiapkan keperluan mandi. Anda harus memilih produk-produk yang aman bagi bayi Anda, seperti sabun, minyak bayi, handuk, dan lain-lain.
  • membersihkan dengan perlahan. Jangan terlalu kencang saat menggosok kulit bayi. Karena kulit bayi sensitif sehingga bisa menyebabkan lecet.
  • memperhatikan area lipatan kulit dengan ekstra hati-hati.
  • Memakaikan baju dan popok bila perlu.

Memandikan bayi tidak hanya dilap saja tetapi juga membersihkan area-area yang sulit dibersihkan. Bagian-bagian tubuh bayi yang vital, antara lain:

  • alat kelamin bayi. Pada bayi laki-laki, Anda harus membersihkan kotoran yang ada pada kulup dan penis nya. Sedangkan pada bayi perempuan, Anda harus membersihkan kemaluan dan daerah selangkangan dari arah depan ke belakang.
  • telinga. Anda harus membersihkan bagian terluar telinga yang terlihat.
  • Hidung. Lubang hidung yang terlihat dibersihkan perlahan-lahan.

Cara memandikan si kecil ada berbagai macam cara, seperti cara tradisional, modern, atau cara sehat. Ibu yang cerdas adalah ibu yang cerdas dalam memilih cara yang benar. Ibu harus banyak mencari informasi di situs website terbaik, konsultasi dengan dokter, atau membaca buku tips merawat bayi. Selama kehamilan, seharusnya para ibu dibekali dengan ilmu-ilmu merawat bayi. Mari kita simak beberapa cara memandikan si kecil.

Baca Juga : Perkembangan dan Pertumbuhan Bayi Usia 2 Bulan yang Perlu Ayah Bunda Ketahui

Memandikan si kecil dengan cara tradisional biasanya bisa ditambahkan obat-obat herbal, seperti obat mengatasi biang keringat pada bayi. Ada beberapa obat herbal yang digunakan, antara lain:

  1. Kanji. Caranya, kanji yang diberi air dioleskan pada kulit yang terkena biang keringat. Usahakan kulit dikeringkan dulu setelah mandi.
  2. Daun tembelekan. Caranya, merebus lima helai daun dalam satu gelas air selama kira-kira 15 menit. Basuhkan air didihan yang sudah hangat tersebut ke kulit yang terkena biang keringat.
  3. Daun krokot. Caranya, hampir sama dengan cara merebus daun tembelekan, tetapi sisakan air dari 3 gelas menjadi separuhnya saja. Minumkan pada si kecil.
  4. Minyak kelapa. Caranya, oleskan tipis pada kulit yang terkena biang keringat.

Belakangan ini, orang lebih suka memandikan dengan cara modern. Misalnya memandikan si kecil dengan baby bather. Baby bather didesain dengan ukuran bayi standard. Bayi bisa diletakkan di atas baby bather, dengan dilengkapi bantalan. Baby bather bisa diletakkan di atas bak mandi atau wastafel. Memandikan si kecil dengan menggunakan ini akan lebih mudah dan tidak repot.

Ibu cerdas harus bisa memandikan si kecil. Cara sehat dan aman untuk memandikan si kecil yang terpenting adalah membiasakan bayi agar mandi secara rutin. Memandikan bayi itu cukup dengan mencuci muka, lipatan kulit, dan area genital. Menopang leher bayi dengan sempurna walau posisi bayi dengan sabun sudah sangat licin. Menggunakan baby shop yang lembut dan bilas perlahan sampai bersih. Mengeringkan dengan handuk yang lembut, gunakan lotion sedikit untuk menghilangkan ruam. Nah, bagaimana Bunda mudah dan menyenangkan bukan?

Be the first to comment on "Sehat Memandikan Bayi Ala Ibu Cerdas"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*