Selain Bisa Kenali Suara, ini Perkembangan Lain Dari Bayi Satu Bulan yang Harus Ibu Ketahui

Selain Bisa Kenali Suara, ini Perkembangan Lain Dari Bayi Satu Bulan yang Harus Ibu Ketahui

Usia satu bulan pertama pada bayi memang perkembangannya masih belum terlihat secara siginifikan. Namun, bukan berarti bayi satu bulan tidak mengalami perkembangan yang berarti. Tak banyak yang mengetahui jika bayi seusia itu rupanya sudah mampu mengenali suara, apalagi suara orang tuanya. Bayi seusia ini juga mampu berkembang secara optimal dengan mendapatkan bantuan rangsangan yang cukup intens.

Selain Bisa Kenali Suara, ini Perkembangan Lain Dari Bayi Satu Bulan yang Harus Ibu Ketahui

Selain sudah bisa mengenali suara, berbagai aspek perkembangan bayi berusia satu bulan juga beragam. Mulai dari perkembangan bobot tubuh, perkembangan kemampuan motorik hingga kemampuan bicara.

  • Perkembangan Tubuh Bayi

Pertumbuhan bobot bayi yang baru lahir biasanya mengalami perkembangan saat berusia 10-12 hari setelah dilahirkan. Setelah melewati masa tersebut, bobot bayi akan bertambah sebanyak 100-200 gram dalam setiap minggunya. Sementara panjangnya bertambah sekitar 2,5-3,5 cm pada bulan pertama.

  • Perkembangan Kemampuan Motorik

Perkembangan lain dari bayi satu bulan adalah kemampuan motoriknya yang akan semakin bertambah seiring dengan pertambahan usia sang bayi. Salah satu bentuk dari berkembangnya kemampuan motorik adalah kemampuan menggenggam pada tangannya. Kemampuan lainnya pada usia minggu kedua adalah bayi sudah bisa fokus pada benda yang berjarak 30 cm dari matanya.

Pada bayi usia tiga minggu ke atas, perkembangan kemampuan motoriknya bisa dilatih melalui otot leher. Caranya dengan sesekali membuat posisi bayi menjadi tengkurap. Pada usia ini bayi juga sudah bisa dilatih untuk belajar merangkak, dan berguling. Selain itu, perkembangan lainnya pada usia ini, dapat dilihat dari kebiasaannya mengisap jari tangannya sendiri. Oleh karena itu gunakan dot agar bisa membantu jika bayi ingin mengisap namun sedang tidak dalam keadaan haus.

Memasuki usia 4 minggu, bayi sudah mulai mampu menggelengkan kepalanya meski dalam posisi telungkup.

  • Kemampuan Bicara

Menginjak usia satu bulan, kemampuan bayi lainnya dalam proses perkembangan adalah mengenali suara orang tuanya. Meski belum bisa mengerti apa yang dikatakan, namun suara-suara yang ia dengar dari mulut orang tuanya membuat ia merasa tidak sendirian. Semakin banyak Anda berbicara padanya, maka semakin nyaman pula perasaan yang dirasakan bayi. Kemampuan lainnya adalah bayi dapat merespon sesuatu dengan mengeluarkan suara “ah” saat melihat wajah dan suara yang tidak asing bagi dirinya.

  • Kemampuan Sosial

Selain kemampuan motorik, yang juga mengalami perkembangan adalah kemampuan berinteraksi bayi di usia satu bulan sudah dapat terlihat. Bayi satu bulan sudah bisa memperhatikan wajah serta mimik wajah yang dekat dari penglihatannya. Pada usia ini pula sang bayi sudah bisa memberi tanggapan pada hal-hal disekitarnya, seperti terkejut saat mendengar suara keras atau bahkan menaggapinya dengan tangisan, tertawa.

Baca juga artikel menarik lainnya di bayionline.net

Selain memberi respon dengan ekspresi wajah, rupanya si kecil juga susah mampu mendengarkan suara di sekitarnya seperti mendengarkan orang yang berbincang. Selain itu, bayi satu bulan juga sudah mulai belajar untuk bicara dari suara yang ia dapatkan dari orang sekitarnya.

Be the first to comment on "Selain Bisa Kenali Suara, ini Perkembangan Lain Dari Bayi Satu Bulan yang Harus Ibu Ketahui"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*