Seputar Cara Memandikan Bayi Dan Hal-Hal Yang Harus Dihindari

Memandikan bayi bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan, selain itu aktivitas ini bisa mempererat hubungan antara Anda dan buah hati Anda. Kebanyakan bayi menyukai waktu bermain air, namun ada juga bayi yang tidak mau mandi. Kadang hal tersebut membuat kita harus pandai untuk menguasainya dan menjadi ahli dalam memandikan bayi.

Memandikan bayi tujuannya selain untuk menjaga kesehatan dan kebersihan kulitnya, juga membuat bayi lebih segar dan senantiasa tertawa setiap hari. Dengan mandi, kulit bayi tetap terjaga kehalusannya, menjaga kelembabannya, mengatasi kekeringan dan mengatasi masalah biang keringat dan masalah kulit lainnya.

Baca juga: Fakta dan Mitos Memandikan Bayi

Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Memandikan

Sebelum memandikan bayi, pertama-tama siapkan semua keperluan mandi, seperti: bak mandi khusus bayi, handuk, waslap, sabun dan shampoo (jika bayi akan di keramas).  Pastikan sabun yang digunakan adalah sabun khusus bayi yang mengandung pro-vitamin B5. Vitamin B5 baik untuk menjaga kesehatan kulit, nyaman dan membuat kulit terjaga kehalusannya.

Setelah selesai menyiapkan perlengkapan mandi, siapkan air ked ala bak mandi bayi. Periksa suhu air sebelum memasukkan buah hati, pastikan air yang digunakan mandi tidak terlalu panas atau dingin. Sebaiknya suam-suam kuku. Untuk mengecek suhu air yang pas adalah dengan mencelupkan siku kedalam air. Memandikan air menggunakan air hangat dapat memberikan rasa nyaman dan menjaga agar suhu tubuh air tidak jauh berbeda dengan suhu tubuh buah hati, sehingga bayi tidak akan kedinginan. Suhu air yang ideal untuk memandikan bayi adalah 36-37 derajat celcius.

Hindari memandikan dengan air dingin karena bisa menyebabkan kulitnya kekeringan dan tidak baik untuk kesehatan. Batasi memandikan menggunakan busa, karena busa yang mengandung detergen tidak baik untuk kulitnya yang masih senistif.  Tidak disarankan memandikan bayi menggunakan sabun antiseptic atau antibakteri karena sabun tersebut bersifat irritant. Hindari memandikan bayi setelah makan.

Memandikan Yang Benar

Bukalah baju bayi lalu bungkus menggunakan handuk di pangkuan Anda. Usap kedua matanya dengan kapas yang sudha dibasahi air matang dingin. Bersihkan sekitar wajah dan mulut bayi. Cara membersihkan mata adalah dari arah luar ke dalam dengan kapas.

Basuh kepala, wajah, dada, punggung, leher dan tungkainya. Perhatikan daerah lupatan, bersihkan juga bagian lubang hidung dan bagian telinga menggunakan cotton bud basah. Lakukan pelan-pelan dan hati-hati.

Sabuni bagian kepala dan badan, disarankan menggunakan washlap. Keramasi rambut pegang kepala di atas bak mandi. Setelah selesai keringkan, lepaskan handuk lalu letakkan tangan dibawah pundak bayi. Sedangkan tangan yang satunya menopang pantat. Masukkan bayi perlahan ke bak mandi.

Topang bagian leher dan pundaknya, sabuni tubuhnya dan bilas hingga besih. Pegang bagian pantat dan angkat, lalu bungkus tubuh bayi dengan handuk. Tepuk-tepuk lembut hingga kering. Demikian cara memandikan bayi yang bisa dijadikan acuan. Semoga artikel ini bermanfaat!

Be the first to comment on "Seputar Cara Memandikan Bayi Dan Hal-Hal Yang Harus Dihindari"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*