Sering Terjadi, Waspadai Kanker Leukimia pada Anak

Kita pasti sepakat jika mendengar kata kanker kita akan membayangkan suatu penyakit yang menyeramkan. Kanker ini bisa terjadi pada siapa pun dan bagian tubuh mana pun, termasuk darah. Kanker darah ini banyak termasuk jenis kanker yang banyak menyerang anak dan remaja. Kanker darah ini banyak jenisnya, salah satu yang populer adalah kanker leukimia pada anak. Leukimia adalah salah satu jenis kanker darah yang menyerang sel darah putih.

Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai kanker darah dan jenis – jenisnya.

Leukimia

Secara garis besar, darah manusia terdiri atas sel darah merah atau eritrosit, sel darah putih atau leukosit, keping darah atau trombosit, dan plasma atau semacam cairan yang menjadi media bagi darah yang lain. Seluruh produksi sel darah ini terjadi pada sumsum tulang belakang. Semuanya bisa menjadi suatu keganasan atau kanker. Namun kali ini akan terfokus pada penyakit leukimia.

Leukimia adalah penyakit kanker yang menyerang sel darah putih atau leukosit itu. Pada kondisi normal, sel darah putih memiliki peran sangat vital dalam sistem kesehatan tubuh kita. Leukosit ini melindungi tubuh dari segala macam infeksi dan jejas. Sel darah putih lah yang menjaga tubuh kita terhindar dari penyakit.

Namun pada kondisi kanker leukimia pada anak, jumlah sel darah putih ini jumlahnya sangat banyak dan tidak terkendali. Sumsum tulang belakang terus menerus memproduksi sel darah putih dan menyebabkan jumlah sel darah putih ini memiliki jumlah yang lebih banyak dari seharusnya. Akibatnya, sel darah putih ini akan turut “memakan” atau “membersihkan” bagian tubuh yang seharusnya tidak perlu dibersihkan karena tidak ada infeksi. Nah, kondisi ini justru membuat daya tahan tubuh lemah dan menjadi rawan infeksi serta perdarahan.

Jenis – jenis leukimia

Leukimia sendiri ada beberapa macam. Secara garis besar, leukimia dibagi menjadi dua berdasarkan percepatan perkembangannya, yaitu akut dan kronis. Nantinya akan ada klasifikasi lagi berdasarkan jenis sel yang diserang.

Berikut adalah klasifikasi leukimia

Acute Lymphoblastic Leukemia (ALL)

Acute Lymphoblastic Leukemia (ALL) atau yang diterjemahkan menjadi leukimia limfositik akut adalah jenis yang paling sering muncul pada anak. Sebanyak 75% kasusnya adalah kasus leukimia limfositik akut ini. Salah satu komponen sel darah putih yang bernama limfosit, yakni sel darah putih dewasa yang berfungsi untuk melawan infeksi. Pada penderita Acute Lymphoblastic Leukemia ini, fungsi dari limfosit terhambat sehingga membuat menjadi rawan infeksi dan terkena penyakit lainnya.

Acute Myelogenous Leukemia (AML)

Acute Myelogenous Leukemia (AML) atau nama lainnya adalah leukemia non-limfositik akut adalah jenis kedua terbanyak yang menyerang anak. Jenis sel pembentuk darah yang bernama myeloid ini tumbuh dengan tidak sempurna sehingga alih alih membentuk komponen darah, sel ini justru menyumbat pembuluh darah.

Mixed Lineage Leukemia atau Leukimia Hibrida

Jenis ini adalah jenis kanker leukumia yang merupakan campuran dari dua yang telah dijelaskan sebelumnya. Kondisi ini termasuk jarang terjadi. Sel sel kanker pada tubuh penderita memiliki ciri seperti penderita Acute Lymphoblastic Leukemia dan Acute Myelogenous Leukemia.

Leukemia kronis

Leukemia kronis adalah jenis leukimia yang banyak menyerang orang dewasa dibandingkan pada anak. Sehingga pada artikel ini tidak akan dijelaskan lebih lanjut. Leukimia kronis ini tumbuh dan terdeteksi lebih lambat dibandingkan tipe yang akut akut, meski demikian, leukimia kronis ini juga sulit untuk sembuh.

Juvenile myelomonocytic leukemia

Sedangkan yang terakhir adalah Juvenile myelomonocytic leukemia (JMML). Jenis ini tidak bisa digolongkan sebagai jenis yang akut maupun kronis. Awal mula sel kanker ini juga berasal dari sel myeloid, tapi tidak tumbuh secepat yang akut maupun yang kronis.

 

Be the first to comment on "Sering Terjadi, Waspadai Kanker Leukimia pada Anak"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*