Sesuaikan Komposisi Bahan Mpasi yang Pas Sesuai dengan Usia Bayi Anda

Bayi yang telah menginjak umur 6 bulan mulai membutuhkan asupan lain selain asi. Mereka menjadi lebih sering lapar dari biasanya sehingga hanya meminum asi tidaklah cukup bagi perkembangan metabolisme tubuh anak Anda. Dalam tahap pertumbuhan dan perkembangan anak, dibutuhkan sumber-sumber protein, karbohidrat, vitamin dan mineral yang memiliki kadar lebih tinggi. Maka dari itu, Ibu perlu merancang komposisi bahan mpasi yang sesuai untuk si buah hati.

Dalam pemberian mpasi Ibu perlu merancang variasi dan tekstur yang disesuaikan dengan kebutuhan si buah hati. Pastikan segala sumber gizi anak terpenuhi dari karbohidrat, protein dan lainnya. Jangan sampai si kecil mengalami kelebihan salah satu unsur misalnya karbohidrat karena bisa berdampak obesitas. Untuk setiap komposisi makanan bayi ada takarannya sehingga nutrisi yang diterima menjadi pas.

Baca Juga : Perkembangan dan Pertumbuhan Bayi Usia 2 Bulan yang Perlu Ayah Bunda Ketahui

Bagaimana menentukan komposisi bahan mpasi yang pas dan sesuai dengan usia bayi? Menurut para ahli gizi, ada beberapa makanan yang dapat dikonsumsi bayi dan takaran yang tepat saat memasuki umur 6 bulan:

  1. Ketika usia awal 6 bulan, takaran yang pas untuk diberikan kepada bayi adalah 2 hingga 3 kali dalam satu hari dan komposisi makanan yang dapat tepat adalah 30 gram/ kg BB bayi bubur yang lembut dan mudah dicerna.
  2. Pada usia 6 hingga 8 bulan, frekuensi pemberian makanan utama 3 kali sehari bisa bubur dan biscuit serta buah-buahan yang dipotong kecil-kecil 1 hingga 2 kali sehari.
  3. Pada usia 9 hingga 12 bulan, pemberian karbohidrat sekitar 3 hingga 4 kali bisa berupa nasi tim dengan asupan buah dan sayur 1 hingga 2 kali sehari.

Setelah mengetahui komposisi yang tepat bagi si buah hati, alangkah lebih baik bila menentukan jadwal makan yang teatur sehingga pencernaan bayi dapat menyesuaikan dan beradaptasi dengan jam makan sehari-hari. Berikut contoh penjadwalan makan si kecil yang berumur 6 bulan:

  • Pk 07.00 WIB: ASI,
  • Pk 09.00 WIB: Bubur bayi,
  • Pk 12.00 WIB: Buah yang telah dilembutkan,
  • Pk 15.00 WIB: Camilan bisa berupa bubur bayi ataupun susu,
  • Pk 17.00 WIB: ASI,
  • PK 19.00 WIB: Bubur bayi.

Pemilihan asupan vitamin pada bayi juga tidak boleh sembarangan, oleh karena itu ada beberapa buah yang paling baik dikonsumsi saat bayi memasuki umur Mpasi:

  • Apel

Dalam buah apel terdapat kandungan fosfor, kalium, kalsium, vitamin A dan C, yang baik untuk kesehatan tulang dan mata serta untuk daya tahan tubuh si kecil. Cara penyajiannya bisa dengan memblender apel atau memotong apel hingga berbentuk kecil-kecil.

  • Pisang

Dalam pisang terdapat kandungan yang sangat baik untuk tumbuh kembang sang buah hati yaitu meliputi: Asam folat, kalium, dan vitamin A. Jara penyajiannya juga mudah yaitu tinggal mengambil daging pisang dan melumatkan nya dengan sendok atau bila ingin tekstur yang lebih lembut lagi bisa menggunakan blender.

Nah, itu tadi adalah berbagai macam tips untuk merawat tumbuh kembang bayi yang memasuki masa Mpasi berikut komposisi bahan mpasi yang tepat, frekuensi pemberian asupan makanan, dan beberapa asupan vitamin pada saat memasuki tahap mpasi. Mpasi yang dilakukan dengan tepat akan memicu pertumbuhan si kecil dengan stabil dan menjadikannya lebih sehat. Semoga bermanfaat!

Be the first to comment on "Sesuaikan Komposisi Bahan Mpasi yang Pas Sesuai dengan Usia Bayi Anda"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*