Shampo Lidah Buaya, Alternatif Baru untuk Rambut yang Lebih Sehat

( Foto : Viva )

Siapa yang tidak kenal Lidah Buaya alias Aloe Vera? Si hijau berkhasiat yang sudah lama dikenal oleh masyarakat Indonesia ini terbukti bermanfaat bagi kesehatan manusia. Bukan rahasia, kandungan lidah buaya yang kaya akan protein, lemak, karbohidrat, kalsium fosfor, zat besi, vitamin A, B1, dan C ini dapat kita manfaatkan untuk memanjakan tubuh kita dari ujung kaki sampai ujung kepala.

Nah, seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, pemanfaatan lidah buaya pun turut berkembang dari yang awalnya hanya dimanfaatkan untuk pemakaian rumahan saja, menjadi bahan baku industri kecantikan dan juga farmasi, bahkan sudah dijadikan pula sebagai bahan makanan dan minuman kesehatan.

Dan untuk anda yang hobi merawat rambut, sudah tahu juga dong kalau lidah buaya ini baik untuk kesehatan dan kesuburan rambut? Seperti kita ketahui, rambut terdiri dari protein yang bernama keratin, dan untuk merangsang pertumbuhan rambut, maka dibutuhkan lebih banyak protein. Itulah mengapa lidah buaya sangat baik bagi rambut anda, karena mengandung banyak asam amino dan protein. Selain menutrisi, lidah buaya juga efektif melancarkan peredaran darah di kepala.

 

( Foto : Berita 360 )

 

Berikut adalah 5 dari sekian banyak khasiat lidah buaya untuk kesehatan rambut.

  1. Mencegah rambut rontok karena patah

Tahukah Anda jika lidah buaya memiliki kandungan yang mirip dengan keratin? Itu berarti lidah buaya bisa membuat rambut kita menjadi awet muda serta membantu teksturnya menjadi lebih elastis. Tekstur rambut yang tidak kaku tersebut tentunya akan menghindarkan dari kondisi mudah patah.

 

  1. Mengusir ketombe yang dapat mengganggu kenyamanan dan percaya diri

Selain mengangu kenyamanan karena rasa gatal yang kerap muncul, ketombe juga dapat mengurangi rasa percaya diri karena serpihan-serpihan putih tersebut seringkali “menampakan diri” di permukaan rambut, bahkan dapat jatuh hingga ke atas bahu. Penyebab timbulnya ketombe bermacam-macam. Bisa karena kondisi kulit kepala yang kering, infeksi jamur, atau karena kulit kepala berminyak dan mengalami iritasi.

Tapi jangan khawatir, lidah buaya bisa membantu Anda mengatasi masalah-masalah tersebut. Agen antimikroba dan antiradang yang terkandung di dalam lidah buaya ampuh  melawan infeksi jamur. Selain itu, “gel ajaib” dari lidah buaya ini juga bisa menghidrasi sekaligus menyeimbangkan kadar minyak di kulit kepala.

 

  1. Menyeimbangan pH kulit kepala

Kita semua pasti sudah tahu jika kandungan lidah buaya untuk kulit itu sangat baik dan bermanfaat. Apakah juga berlaku untuk kulit kepala? Kabar baiknya adalah ya!

Jika keseimbangan pH kulit kepala terganggu, maka dapat memicu timbulnya berbagai macam permasalahan rambut. Namun jangan khawatir, lidah buaya bisa membantu mempertahankan pH kulit kepala tetap di angka normalnya (5.5). So, jangan ragu pakai lidah buaya sebagai masker rambut, ya.

 

  1. Gel rambut

Anda suka menata bentuk rambut, tapi memiliki rambut yang sensitif sehingga tidak memungkinkan untuk mengaplikasikan gel rambut berbahan kimia? Pakai saja lidah buaya. Caranya gampang, campurkan gel lidah buaya dengan minyak almond dan minyak zaitun. APlikasikan pada rambut dan bentuk sesuai selera. Gaya dan juga sehat dalam sekali pemakaian.

 

Ternyata banyak juga ya manfaat lidah buaya buat kesehatan rambut dan kulit kepala. Setelah tahu manfaatnya, anda mungkin tertarik untuk menggunakannya, tapi tidak mau ribet untuk mengolahnya? Bukan masalah. Seperti yang sudah disebutkan di atas jika lidah buaya kini sudah menjadi salah satu bahan baku industri kecantikan dan juga farmasi. Jadi pastinya tidak akan sulit untuk mendapatkan produk untuk rambut dan kepala anda. Shampo misalnya.

Kini produk shampo yang mengandung lidah buaya sudah beredar banyak di pasaran. Dan untuk anda yang berkulit kepala sensitif, atau sedang menghindari bersentuhan dengan kosmetika berbahan kimia, ada juga loh shampo lidah buaya yang berkomposisi herbal. Jadi ga perlu khawatir ya!

Dengan menggunakan shampo lidah buaya, khususnya shampoo herbal, Anda akan mendapatkan kebersihan, keharuman, dan kesehatan dalam sebuah kepraktisan. Asyik, bukan?

Be the first to comment on "Shampo Lidah Buaya, Alternatif Baru untuk Rambut yang Lebih Sehat"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*