Simak 4 Kriteria Tempat Tidur Bayi yang Terbaik dan Wajib Diketahui

Simak 4 Kriteria Tempat Tidur Bayi yang Terbaik dan Wajib Diketahui

Selektif memilih tempat tidur bayi tentunya sangat penting untuk dilakukan karena bayi sendiri menghabiskan sebagian besar waktunya disini. Tentu sudah menjadi hal yang dipahami semua orang kalau bayi hampir tiga perempat dalam seharinya dihabiskan untuk tidur. Memang alaminya demikian karena dengan tidur si bayi akan merasa lebih rileks dan berdampak baik bagi tumbuh dan kembangnya. Melihat efek tidur bagi bayi sangatlah besar maka jangan sembarangan memilih tempat tidurnya, apalagi ada resiko kematian mendadak karena tidur di bantal yang salah.

Kriteria Tempat Tidur yang Aman Bagi Bayi

Mencegah resiko tersebut tentunya membutuhkan pemahaman maksimal mengenai kriteria tempat tidur yang tepat bagi bayi. Apa saja kriteria tersebut? Rupanya kriteria ini ada beberapa, seperti:

  • Material tempat tidur tidak mengandung cat berbahaya,

Ketika berencana menyediakan tempat tidur bagi si kecil maka baiknya membeli yang baru, kalau lama cek betul kualitas catnya. Kenapa? Sebab cat yang sudah terlalu lama kadang mengeluarkan zat berbahaya sehingga kurang aman untuk kesehatan bayi. Pertimbangkan dicat ulang dengan produk cat terbaik dan bebas zat berbahaya.

  • Jarak pada bilah tempat tidur terbilang aman,

Secara umum tempat tidur bayi yang tersedia di pasaran didesain dengan bilah-bilah di sepanjang sisinya. Bilah ini bertujuan memposisikan tempat tidur untuk bayi lebih rendah sehingga menjadi pembatas agar si kecil aman di tempat tidurnya, tidak ada resiko terjatuh. Meski menjadi pengaman namun jarak bilah wajib diperhatikan karena idealnya tidak lebih dari enam sentimeter. Pasalnya kalau terlalu lebar ada resiko kepala bayi bisa masuk dan terjepit, maka berbahaya.

  • Tidak ada baut atau skrup yang mencuat keluar,

Sebagian besar produk tempat tidur untuk bayi dijual dengan posisi masih berupa material terpisah-pisah, sehingga perlu dirakit seperti ketika membeli puzzle. Nantinya akan dibekali dengan buku panduan cara merakit sehingga bisa dengan mudah mendapatkan tempat tidur sesuai gambar boxnya. Namun, usahakan usai dirakit diperiksa dulu tidak ada skrup ataupun baut yang mencuat keluar. Semakin dewasa bayi mulai mudah meraih apapun di sekelilingnya, tentu berbahaya jika sampai tertusuk baut.

  • Perakitan yang terbilang mudah,

Pada saat memilih tempat tidur terbaik untuk si kecil pastikan pula perakitannya mudah, karena model tertentu tidak bisa dirakit oleh sembarang orang. Bagi Anda yang paham bidang pertukangan mungkin tidak akan menjumpai masalah yang berarti. Namun tidak bagi mereka yang tidak paham bidang tersebut, dan kalau Anda termasuk di dalamnya. Penting sekali untuk memilih tempat tidur khusus bayi yang mudah untuk dirakit. Pastikan aman dan pas supaya tidak reyot dan membahayakan keselamatan si kecil di dalam tempat tidur bayi tersebut.

 

Be the first to comment on "Simak 4 Kriteria Tempat Tidur Bayi yang Terbaik dan Wajib Diketahui"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*