Simak Beberapa Persiapan yang Harus Dilakukan Sebelum Melahirkan Bayi

Melahirkan merupakan proses alamiah yang akan dialami oleh wanita sebelum menjadi seorang ibu. Proses ini diawali dari proses mengandung terlebih dahulu yang memakan waktu kurang lebih selama 9 bulan sebelum akhirnya bayi siap untuk dilahirkan. Meski sudah banyak dilalui oleh para wanita namun proses melahirkan bayi tetap tak bisa dianggap sepele. Selain dari rasa sakit yang luar biasa bisa dirasakan oleh ibu namun juga id proses ini bisa saja terjadi hal-hal yang tidak diinginkan yang membahayakan kesehatan ibu dan anak. Karenanya menjelang proses kelahiran ada banyak hal yang sebelumnya harus dipersiapkan untuk memperkecil resiko terjadinya hal negatif tersebut.

Melahirkan bukan hanya merupakan proses fisik dari wanita saja namun juga proses yang mempengaruhi mental baik si ibu dan juga keluarga sekitarnya terutama suami. Karenanya lingkungan yang positif bisa sangat mempengaruhi kondisi ibu hamil atau ibu menjelang proses melahirkan. Kondisi lingkungan yang positif akan membawa semangat tersendiri yang bisa menjadi kekuatan bagi ibu untuk menahan sakit dan berjuang melahirkan sang buah hati. Sebaliknya jika justru kondisi negatif yang diberikan oleh lingkungan, ibu bisa mengalami stress bahkan depresi sebelum melahirkan yang membuatnya tidak merasa siap untuk melahirkan bayi.

Selain dukungan dari lingkungan atau keluarga, dukungan fisik dari tubuh ibu juga sangat mempengaruhi proses kelahiran terutama kelahiran alami. Kini banyak kegiatan senam ibu hamil yang bisa diikuti untuk melatih ibu-ibu sebelum menjelang kelahiran yang sebenarnya. Dalam senam ibu hamil tersebut akan diajarkan tehnik bernafas dan mengejan atau mendorong yang nantinya sangat berguna saat akan melahirkan. Senam hamil juga bisa mencegah posisi bayi lahir sungsang dengan tehnik-tehnik senam yang diajarkan.

Sedangkan dari faktor kondisi kesehatan ibu, ada beberapa catatan penting yang mesti diperhatikan salah satunya adalah tekanan darah. Ibu bertekanan darah tinggi sangat rawan sekali untuk bisa melahirkan secara normal. Dengan tekanan darah tinggi ditakutkan ibu akan bisa kehilangan banyak darah karena sulitnya menghentikan pendarahan. Bagi ibu yang memiliki riwayat darah tinggi sebaiknya menurunkan tekanan darahnya terlebih dahulu sebelum hamil atau melahirkan dengan cara-cara yang bisa dilakukan melalui penjagaan asupan makanan maupun menjauhi penyebab stres.

Untuk perlengkapan yang juga perlu dipersiapkan sebelum melahirkan bayi antara lain adalah popok bayi, jarit, perlak, baju bayi, baju hamil, baju menyusui dan perlengkapan lainnya. Setelah ibu melahirkan, sebaiknya juga langsung diberikan makanan dan minuman yang bergizi untuk mengganti tenaga yang terkuras saat proses persalinan. Doa dan restu dari orang tua si ibu juga akan sangat membantu proses melahirkan karena doa dari orang tua merupakan restu dari Sang Pencipta. Karenanya jangan lupa meminta doa dari orang tua saat sebelum proses melahirkan tiba agar persalinan dipermudah dan diberikan kesehatan.

 

Be the first to comment on "Simak Beberapa Persiapan yang Harus Dilakukan Sebelum Melahirkan Bayi"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*