Simak Hal Penting yang Harus Diketahui Oleh Ibu Saat Memberikan ASI

Simak Hal Penting yang Harus Diketahui Oleh Ibu Saat Memberikan ASI

Menyusui adalah kegiatan yang paling utama bagi ibu yang baru saja melahirkan. Sebagai seorang ibu tentunya memiliki seorang anak bayi adalah anugerah terindah setelah penantian 9 bulan dan perawatan 9 bulan dalam perut. Ibu tentunya harus menyusui bayi karena ASI yang dihasilkan oleh ibu menjadi makanan utama sang bayi, terutama untuk menunjang perkembangan dan pertumbuhan bayi kecil yang belum dapat memakan makanan tesktur kasar dan keras. Seorang ibu tentunya harus berani dan menyiapkan dirinya untuk menyusui bayi dan terbiasa dengan kegiatan menyusui untuk menenangkan bayi disaat sedang menangis.

Simak Hal Penting yang Harus Diketahui Oleh Ibu Saat Memberikan ASI

Sebagai seorang ibu tentunya harus mempersiapkan diri untuk memberikan makanan utama untuk anaknya. Berikut adalah persiapan sebelum menyusui anak diantaranya:

  • Miliki suasana hati yang tenang saat menyusui. Mendengarkan musik dapat membuat seorang ibu lebih rileks dan tenang.
  • Sebelum menyusui, mandi terlebih dahulu menggunakan air hangat. Air hangat tersebut dapat membantu kelancaran sistem peredaran darah dalam tubuh, sehingga aliran susu lancar. Selain itu juga, dapat membunuh kuman sehingga tidak terkontaminasi terhadap bayi.
  • Sediakan tempat khusus untuk meletakkan setiap peralatan yang dibutuhkan untuk menyusui, seperti kursi untuk menyusui, bantal untuk menopang bayi, handuk kecil untuk membersihkan bibir bayi setelah selesai menyusui.

Supaya lebih nyaman dalam menyusui juga seorang ibu disarankan untuk memposisikan kaki tidak menggantung. Sebaiknya sebelum menyusui bersihkan kotoran yang terdapat pada puting susu dengan air hangat dan handuk yang lembut, gunakan juga baby oil atau minyak zaitun supaya puting susu bersih dan lebih lembab. Seorang ibu juga perlu melakukan pijatan dari pinggir payudara hingga puting untuk membantu melancarkan ASI yang akan diminum oleh bayi dengan menggunakan air hangat. Apabila puting susu masuk, segera keluarkan dengan cara memutar jari ke arah kanan dan kiri, lakukan hal ini secara rutin supaya puting tetap keluar.

Selain hal diatas, ibu juga perlu mengetahui waktu yang tempat untuk memberikan susu diantaranya:

  • Berikan air susu ketika bayi selesai dilahirkan.
  • Saat bayi sedang menginginkan air susu segera berikan untuk makanan utama bayi.
  • Berikan air susu lebih dari 6 bulan sebagai tambahan makanan untuk bayi.
  • Jika sedang kerja, ibu dapat memompa air susu dan menyimpannya di lemari pendingin supaya bayi dapat mengonsumsi air susu dengan teratur.

Baca Juga Miliki Stock ASI dengan 4 Tips Berikut Ini!

ASI diberikan setidaknya selama 10 menit kepada bayi karena akan memiliki dampak yang baik bagi tubuh bayi. Menyusui dengan baik dan tenang sangat penting antara ibu dan bayi karena ibu dapat dengan rileks menyusui dan bayi lebih tenang meminum air susu ibu tanpa terganggu. Pemberian susu ini sangat penting untuk tumbuh kembang anak terutama perkembangan seorang bayi yang sangat penting untuk diperhatikan karena akan berdampak kedepannya.

 

Be the first to comment on "Simak Hal Penting yang Harus Diketahui Oleh Ibu Saat Memberikan ASI"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*