Suka Bingung Memilih Tindakan Perawatan Bayi Saat Sakit? Berikut Solusi Sesuai Situasinya!

Sebagian orangtua mengatakan bahwa kegiatan perawatan bayi melelahkan dan juga repot sehingga waktu untuk bersenang-senang menjadi terbatas. Namun, ada pula lebih banyak orangtua yang merasa nyaman dengan kegiatan perawatan tersebut. Rahasia menikmati merawat bayi sejak lahir sampai bisa mandiri adalah dengan tahu trik yang tepat. Apalagi ketika buah hati masih bayi, maka semua kebutuhannya harus dipenuhi orangtua sebaik mungkin. Beberapa situasi membuat orangtua perlu memberikan perhatian lebih banyak dari biasanya ketika mulai rewel dan sebagainya.

 Perawatan Tepat untuk Bayi

 Bagi Anda yang belum memiliki pengalaman dan ilmu cukup dalam merawat tubuh si kecil, berikut beberapa kondisi dan cara untuk menanganinya:

  •  Perawatan tali pusat yang mengeluarkan cairan putih,

Sebelum tali pusat si kecil terlepas maka perlu dirawat dengan baik terutama ketika kondisinya masih basah. Beberapa kondisi menunjukkan tali pusat yang mengeluarkan cairan putih dan sering kali membuat orangtuanya cemas. Atasi dahulu sendiri dengan membersihkannya dengan kasa yang dibasahi alkohol. Apabila terjadi pembengkakan segera periksakan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Baca Juga : Seputar Manfaat, Tips Perawatan dan Harga Teether

  •  Mata si kecil lengket dan susah membuka,

Mendapati mata si kecil yang menjadi lengket bisa juga diatasi dahulu dengan kiat membasahi kapas dengan air matang. Kemudian diusapkan ke mata si kecil dengan tujuan membersihkannya dari kotoran yang membuatnya lengket. Cara membersihkannya adalah mengulas kapas sekali saja, dari arah hidung menuju ke telinga hindari memakai kapas lebih dari sekali. Sebab dikhawatirkan akan menjadi tempat bakteri sehingga memperparah kondisinya. Mata yang lengket perlu dibawa ke dokter apabila menjumpai adanya cairan ke kuningan dan lengket.

  •  Bayi mengalami bau mulut kurang sedap,

Pada kondisi normal, asupan makanan si kecil usia di bawah 6 bulan tentu hanya ASI sehingga tidak memungkinkan sisa makanan ada di rongga mulut. Namun ada juga kondisi dimana mulut bayi Anda mengeluarkan aroma yang kurang sedap. Bisa disebabkan karena bayi mengalami pertumbuhan gigi susu sehingga mengeluarkan aroma yang khas. Sebab ASI yang dikonsumsi nya tertinggal di antara gigi susu sehingga mengeluarkan bau. Perawatan bayi yang bisa dilakukan ialah membersihkan gigi susunya memakai kain kasa yang dibasahi air matang atau sikat khusus.

  •  Menangani bayi yang rewel karena giginya tumbuh,

Tumbuhnya gigi susu pada bayi seringkali menjadi penyebab si kecil rewel dan susah makan karena merasa ngilu dan sakit dari tumbuhnya gigi susu. Terutama pada saat malam hari biasanya si kecil mudah sekali menangis dan kadang bisa menunjukkan peningkatan suhu tubuh seperti demam. Apabila ini terjadi berikan bayi Anda penurun panas, misal paracetamol yang aman untuk bayi. Cara lain ialah berikan si kecil mainan yang aman untuk digigit sehingga meredakan sakit dan ngilu yang muncul. Alternatif lain adalah berikan pijatan ringan di sekitar rahangnya.

  •  Buah hati mengalami hidung tersumbat,

Saat musim pilek dan flu, bayi juga rentan terserang apalagi jika ada orang serumah yang juga mengalami pilek atau flu. Bayi mulai rewel ketika merasakan hidung tersumbat sehingga perlu segera diatasi dengan cara yang tepat untuk meredakan efeknya. Cara sederhananya adalah meninggikan bantal si kecil, misal menambahkan bantal dengan bajunya yang dilipat jadi dua. Sehingga melegakan hidung untuk menghirup lebih banyak udara segar. Cara perawatan bayi lain saat hidung tersumbat adalah mengoleskan krim penghangat khusus bayi, oleskan di kaosnya supaya tidak terkena kulitnya secara langsung.

Be the first to comment on "Suka Bingung Memilih Tindakan Perawatan Bayi Saat Sakit? Berikut Solusi Sesuai Situasinya!"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*