Sukses Menjalankan Ritual Memandikan Bayi Butuh Persiapan Emas Berikut, Simak Dulu Yuk!

Memiliki buah hati yang masih berusia bayi tentu membutuhkan perhatian kedua orangtuanya, terutama si ibu yang berada di dekatnya 24 jam penuh. Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan, selain menyusui dan menidurkan orangtua juga perlu memandikan bayi. Bagi orangtua yang baru kali pertama memiliki pengalaman memandikan buah hatinya. Ternyata ada banyak kekikukan, sebab memperlakukan bayi saat mandi butuh sekian persiapan supaya tidak melakukan kesalahan.

Persiapan Sebelum Memandikan Si Kecil

Meminimalisir kesalahan seperti bayi kedinginan, terlalu lama menunggu air hangat, dan sebagainya bisa dilakukan. Ketika melakukan persiapan berikut sebelum mengajak buah hati basah oleh air mandinya:

  • Memilih ruangan tertutup,

Ruangan tertutup perlu disediakan sebelum menjalani ritual memandikan si kecil, sehingga melindunginya dari udara dingin. Kalau bisa juga jangan memandikan buah hati di dalam kamar mandi yang lembab, intinya tertutup dan tidak dalam kondisi lembab terlalu lama.

  • Memanaskan air supaya hangat,

Beberapa orangtua lebih memilih memandikan buah hati di usia bayi dengan air dingin untuk alasan meningkatkan imunitas nya. Namun, pada kondisi tertentu memandikannya dengan air hangat jauh lebih disarankan mengingat kondisi tubuh si kecil belum stabil atau masih sensitif. Supaya tidak gugup, siapkan dulu air hangatnya tunggu sampai mendidih atau sekedar keluar uap tanda suhunya sudah naik. Kemudian siramkan ke ember khusus untuk memandikan si kecil, set dulu suhu air hangat kuku supaya tidak terlalu panas atau sebaliknya.

  • Persiapkan semua peralatan mandi,

Setelah air untuk memandikan bayi sudah siap dan sesuai, selanjutnya Kita perlu mempersiapkan semua peralatan mandi. Mulai dari handuk, sabun, shampoo, waslap, dan lain sebagainya untuk membersihkan tubuh si kecil sampai bersih maksimal. Persiapan ini penting supaya bayi tidak terlalu lama berendam sebab dikhawatirkan kedinginan. Atau malah tenggelam di dalam ember, karena orangtua gugup dan langsung berdiri mencari sabun mandi si kecil.

  • Jangan lupa siapkan pula baju ganti si kecil,

Keluar dari bak mandi khusus untuk bayi dan sudah bersih, sudah tentu membuat tubuh bayi basah dan mudah sekali kedinginan. Supaya bisa langsung di pakaikan baju ganti yang bersih dan hangat sebelum dimandikan pastikan sudah dipersiapkan. Baik kemben, tangan gurita, celana atau popok, sampai ke sarung tangan dan sarung kaki. Menyiapkan baju ini akan membuat si kecil lebih nyaman sesuai mandi sehingga tidak perlu menangis lama-lama. Apalagi umumnya bayi yang dimandikan akan menangis dan membuat orangtuanya gugup sehingga rentan melakukan kesalahan.

  • Siapkan kosmetik khusus untuk bayi,

Usai di pakaikan baju ganti yang dijamin bersih dan nyaman melindungi tubuh mungil si kecil tentu orangtua ingin mendandaninya. Sebut saja bedak bayi dengan aroma khas yang menjadikan bayi lebih wangi sekaligus mencegah ruam di beberapa bagian tubuh. Menyediakan perlengkapan kosmetik ini penting sebab akan dibalurkan ke tubuh si kecil sebelum mengenakan pakaian. Pastikan sudah menyediakan minyak telon yang wangi dan hangat.

Setelah dirasa semua perlengkapan yang dibutuhkan sejak bayi akan mandi sampai siap untuk menyusui dan jalan-jalan. Kita baru bisa beraksi untuk segera memandikannya sehingga segera bersih dan wangi supaya lebih tenang. Memandikan buah hati juga tidak boleh sembarangan, ada kiat tersendiri untuk memegang tengkuk bayi dengan tangan satu. Kemudian tangan lainnya membersihkan seluruh bagian tubuh si kecil dengan seksama. Pemilihan waktu memandikan bayi sebaiknya sore hari sekitar jam 4, tidak terlalu siang juga terlalu malam.

Be the first to comment on "Sukses Menjalankan Ritual Memandikan Bayi Butuh Persiapan Emas Berikut, Simak Dulu Yuk!"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*