Supaya Produksi ASI Lancar Maka Lakukan 4 Tindakan Ini!

Air susu ibu atau sering disebut dengan singkatan ASI merupakan salah satu sumber nutrisi bagi bayi baru lahir sampai mereka menginjak umur 2 tahun. Air susu ini akan lebih dibutuhkan lagi ketika bayi baru lahir karena mengandung banyak kolostrom yang baik untuk kekebalan tubuh bayi secara alami. Pemberiannya menjadi sangat vital, dan kadang kala ibu kesulitan untuk mendapatkan air susu dalam jumlah yang memadahi kebutuhan bayinya. Maka disokong dengan susu formula, padahal produksi air susu ini masih bisa ditingkatkan.

Agar Produksi Air Susu Lancar

Salah satunya dengan memakai metode alami yang bisa meningkatkan produksi air susu ibu, supaya sesuai dengan kebutuhan si kecil. Metode alami tersebut yang bisa dilakukan antara lain:

  • Menjaga asupan nutrisi selama menyusui,

Kalau selama masa menyusui ibu susah makan atau mungkin mengkonsumsi makanan minim nutrisi akan berpengaruh pada volume air susu yang dihasilkan. Maka penting sekali untuk memperhatikan asupan harian Anda selama masa menyusui tersebut. Akan lebih baik lagi jika mengkonsumsi makanan yang efektif meningkatkan produksi air susu, misal daun katuk, buah-buahan, dan sayuran segar yang diolah menjadi sayur berkuah bening.

  • Menghindari gangguan psikologis,

Ibu yang merasa rileks dan bahagia biasanya tidak akan mengeluh dengan volume ASI yang dihasilkan, karena dipastikan akan lancar. Inilah alasan mengapa selama masa menyusui ibu perlu menghindari masalah psikologis. Misalnya tekanan pikiran yang membuat stress dan dijamin produksi air susu akan berkurang drastis, maka hindari stress dan tekanan jenis apapun. Supaya air susu tetap lancar dan tidak perlu menambahkan susu formula karena dijamin pengeluaran bulanan akan membengkak.

  • Tingkatkan frekuensi dalam menyusui anak,

Ketika menyadari produksi air susu mengalami penurunan maka usahakan jangan malas untuk menyusui. Sebab semakin malas memompa air susu untuk keluar maka produksinya semakin lama akan semakin sedikit. Maka sediakan alat pumping  di rumah supaya bisa terus memompa air susu ini untuk keluar secara teratur. Anda dijamin akan memiliki persediaan yang cukup di lemari es, serta si kecil tidak perlu ditopang dengan susu formula lagi. Hati pun tenang dan tidak menutup kemungkinan membagikan persediaan air susu ke tetangga yang memiliki bayi.

  • Rajin dalam merawat payudara,

Air susu bagi bayi Anda memang penting untuk dipenuhi secara maksimal namun jangan mengabaikan keindahan payudara Anda. Usahakan untuk tetap merawat payudara supaya air susu lebih lancar dan sekaligus tetap kencang selesai masa menyusui. Perawatannya pun tidaklah sulit, yakni dengan mengompres air hangat pada kedua payudara. Cara ini akan membantu membersihkan sisa air susu yang mengering dan menyumbat keluarnya ASI, sehingga dijamin lebih lancar hingga si kecil lepas dari masa menyusui.

Be the first to comment on "Supaya Produksi ASI Lancar Maka Lakukan 4 Tindakan Ini!"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*