Susu Formula Sebagai Pendukung Asupan Makanan Bagi Buah Hati

Susu Formula Sebagai Pendukung Asupan Makanan Bagi Buah Hati

Susu merupakan kebutuhan paling utama bagi bayi yang baru lahir, khususnya Air Susu Ibu (ASI) yang mengandung banyak nutrisi untuk membantu pertumbuhan si buah hati. Namun tak jarang permasalahan bagi si Ibu yang tidak dapat memproduksi ASI secara maksimal karena beberapa faktor sehingga harus menggantinya dengan susu formula. Meskipun tidak sebaik ASI, hal tersebut harus dilakukan guna memenuhi asupan gizi bagi si bayi.

Orang tua harus memperhatikan dengan seksama dalam pemilihan susu bagi bayi mereka. Produk susu harus disesuaikan dengan usia dan kebutuhan asupan bayi karena bayi masih sangat rentan sehingga tidak boleh sembarangan dalam pemberian produk susu.

Susu Formula Sebagai Pendukung Asupan Makanan Bagi Buah Hati

Susu Formula Untuk Bayi Dibawah Usia 1 Tahun

Produk susu formula mengandung nutrisi utama yakni karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Namun dari semua kandungan tersebut memiliki perbedaan jenis misalnya pada produk A menggunakan protein whey, sedangkan pada produk B menggunakan protein casein. Dari keterangan tersebut, Anda harus selektif memilih susu, diantaranya: (1) pastikan pada kemasan susu tertulis usia bayi, (2) perhatikan jenis protein yang digunakan, (3) pilihlah rasa yang disukai oleh bayi Anda dengan masa percobaan pemberian susu selama 1 hingga 2 bulan. (4) jika bayi Anda mengalami diare, segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Susu Sapi atau Susu Kedelai?

Jenis susu tidak hanya berupa susu sapi melainkan juga susu kambing dan susu kedelai. Sebagian produsen susu formula kedelai mengatakan bahwa produknya aman digunakan untuk bayi yang alergi susu sapi. Namun, usahakan untuk tetap menghindari susu kedelai meskipun bayi Anda normal maupun alergi susu sapi, kecuali sudah mendapat izin dokter. Mengapa demikian? Menurut beberapa pakar kesehatan, susu kedelai mengandung glukosa yang dapat mempengaruhi pertumbuhan gigi pada bayi sehingga sangat tidak direkomendasikan untuk bayi dibawah usia 6 bulan. Selain itu, pada umumnya bayi yang alergi susu sapi juga akan alergi terhadap susu kedelai.

Jika Anda bingung memilih susu untuk bayi Anda yang alergi susu sapi, maka konsultasikan dengan dokter. Biasanya dokter akan menyarankan untuk tetap menggunakan produk susu sapi dengan kandungan khusus yang sudah diolah sedemikian rupa agar mudah dicerna. Selain itu usahakan menghindari susu sereal, susu sapi reguler, susu evaporasi, kental manis dan susu almond untuk bayi Anda.

Tips Pengenalan Susu Formula Pada Bayi

Terdapat beberapa langkah untuk mengenalkan susu formula pada bayi Anda diantaranya yakni:

  1. Campurkan ASI dan Sufor secara bertahap dan bertingkat.
  2. Gunakan botol susu yang menarik perhatian bayi
  3. Mintalah bantuan suami atau orang terdekat untuk memberikan botol sufor karena biasanya bayi tidak akan menerima botol sufor dari ibunya.

Baca juga https://bayionline.net/

Bagaimana bermanfaat bukan informasinya?

Be the first to comment on "Susu Formula Sebagai Pendukung Asupan Makanan Bagi Buah Hati"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*