Tahapan Memandikan Bayi yang Baru Lahir

Salah satu tugas yang harus dilakukan orangtua terhadap bayi yang baru lahir adalah memandikannya. Bagi orangtua yang baru pertama kali mungkin agak sedikit was-was atau takut, oleh karena itu berikut ini adalah tahapan yang bisa dilakukan ketika memandikan bayi.

Persiapan

Persiapan yang harus dilakukan tentunya adalah menyiapkan segala macam perlengkapan yang diperlukan, Misalnya alat-alat mandi bayi seperti handuk, kain waslap, bak mandi bayi, popok, kapas, alkohol, sabun bayi, sampo bayi, bedak bayi, dan lainnya. Usahakan alat-alat tersebut mempunyai tekstur yang lembut dikarenakan penggunaannya khusus untuk bayi.

Cara Memandikan Bayi

Apabila semua perlengkapan mandi untuk bayi telah disiapkan, maka langkah selanjutnya adalah mengisi bak mandi bayi dengan air hangat bersuhu 37 derajat celcius serta dengan ketinggian 7 cm. Masukkan bayi ke dalam bak secara perlahan. Tangan kiri kita gunakan untuk menyangga kepala bayi serta leher bayi. Kemudian dengan tangan kanan kita basuh rambut serta kepala lalu berikan shampo bayi. Usahakan air dan busa tidak mengenai wajah serta area matanya. Bilas rambut hingga bersih, basuh wajah dan jangan lupa untuk membersihan kotoran yang ada di sekitar mata, ingus di hidung, serta kotoran lainnya.

Basuhkan air yang ada di bak mandi ke seluruh bagian tubuh bayi supaya bayi tidak kedinginan dan kaget. Usap tubuh bayi menggunakan sabun khusus bayi, kemudian gosok seluruh bagian tubuh bayi khususnya di bagian yang tersembunyi seperti di bagian leher, ketiak, selangkangan, dan bagian dalam siku.

Baca juga: Perlengkapan yang Harus Disiapkan untuk Memandikan Bayi

Bilas bagian atas tubuh bayi kemudian gosok menggunakan kain atau spons agar busa sabun yang menempel bisa bersih secara menyeluruh. Balikkan tubuh bayi lalu bersihkan tubuh bayi bagian belakang, usap dengan sabun lalu bilas. Jangan lupa untuk membersihkan bagian dubur menggunakan jari telunjuk,

Selanjutnya adalah angkat bayi dan letakkan di atas handuk yang lembut. Keringkan tubuh bayi secara menyeluruh.

Setelah Memandikan

Langkah selanjutnya adalah membawa bayi ke atas kasur untuk berganti pakaian. Sebelum mengenakan pakaian pada bayi, jangan lupa untuk mengusapkan minyak telon serta minyak kayu putih pada bagian dada, bagian perut, punggung, serta leher bayi secara merata. Taburkan bedak pada bagian tubuh secara merata kemudian usapkan pula bedak pada bagian wajah. Sebaiknya bedakan bedak yang digunakan untuk bagian wajah serta tubuh.

Langkah selanjutnya adalah kenakan gurita, kemudian popok, baju kaos kaki dan tangan serta topi penutup kepala agar badan lebih hangat dan nyaman setelah dimandikan.

Itulah tahapan memandikan bayi dari persiapan hingga setelah dimandikan. Apabila bayi sudah merasa bersih, maka langkah selanjutnya adalah menyusui bayi hingga bayi merasa nyaman dan tertidur di pangkuan.

Be the first to comment on "Tahapan Memandikan Bayi yang Baru Lahir"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*