Tak Perlu Khawatir Salah Langkah, Kenali Dulu Kondisi Bayi Cegukan Ini

Tak Perlu Khawatir Salah Langkah, Kenali Dulu Kondisi Bayi Cegukan Ini

Cegukan merupakan hal biasa yang terjadi pada manusia. Namun, hal tersebut tak dapat dianggap sepele jika yang mengalaminya adalah bayi. Meski tidak berbahaya, namun Anda sebagai orang tua harus hati-hati. Pasalnya ada beberapa hal serius yang dapat menyebabkan kondisi bayi menjadi cegukan. Oleh karena itu, agar tidak salah mengambil langkah untuk mengatasinya, sebaiknya Anda mengenali dulu seluk-beluknya bayi cegukan.

Tak Perlu Khawatir Salah Langkah, Kenali Dulu Kondisi Bayi Cegukan Ini

Penyebab Cegukan Pada Bayi

Seperti pada halnya orang dewasa mengalami cegukan, cegukan pada bayi juga disebabkan karena reaksi diafragma yang dipicu oleh kontraksi otot-otot diafragma secara mendadak. Kontraksi ini biasanya disebabkan karena iritasi atau stimulasi pada otot saat melakukan aktivitas seperti makan atau minum. Tak hanya itu, penyebab cegukan pada bayi juga bisa disebabkan karena penurunan suhu pada tubuh bayi yang mendadak, seperti pada saat mandi air dingin.

Bagi sebagian orang tua, cegukan pada bayi menimbul kekhawatiran. Namun, sebenarnya hal tersebut justru tidak membuat si bayi sendiri merasa tidak nyaman. Cegukan dalam intensitas normal tidak berbahaya kecuali cegukan parah yang sampai mengganggu makan, minum dan tidur si bayi. Biasanya bayi yang mengidap penyakit gastroesophageal reflux mengalami cegukan yang lebih sering dari bayi dengan kondisi tubuh yang sehat.

Cara Aman Mengatasi Cegukan Pada Bayi

Jika Anda sedang menyusui dan menemukan situasi bayi cegukan, tidak perlu panik dan khawatir. Anda cukup memberi jeda sesaat sembari membuat bayi tenang. Ganti posisi dan usahakan buat bayi menjadi sendawa karena dengan ini cegukan pada bayi bisa teratasi. Namun, jika cegukan tidak juga berhenti, cobalah untuk memberinya makanan. Pemberian makanan ini dapat membantu mengatasi cegukan pada bayi.

Tips jika bayi Anda sering mengalami cegukan adalah dengan menunda beberapa waktu untuk memberikannya makan hingga Anda rasa si kecil sudah merasa tenang dan rileks. Namun, sebaiknya jangan menundanya dalam waktu yang lama hingga membuat bayi menjadi menangis dan tidak nyaman

Langkah lain yang bisa mengatasi bayi cegukan adalah dengan memberikannya sesuatu yang lembut kepada bayi untuk diisap. Kebanyakan orang tua biasanya member potongan buah yang bertekstur lembut. Tips ini boleh saja dilakukan selama itu tidak membahayakan bagi kesehatan bayi. Dan hal paling penting adalah jangan sekali-kali mencoba menghentikan cegukan dengan cara yang biasa orang dewasa lakukan, seperti mengejutkan bayi, menekan pelan kelopak mata, menarik lidah hingga menekan bagian ubun-ubun karena cara-cara tersebut belum terbukti efektif bisa mengatasi cegukan pada bayi.

Baca juga artikel menarik lainnya di bayionline.net

Kondisi yang Perlu Diwaspadai

Secara umum cegukan pada bayi memang tidak berbahaya selama tidak mengganggu pernapasan normal bayi. Namun, untuk bayi penderita refluks asam yang memungkinkan cegukan sering terjadi, sebaiknya Anda sebagai orang tua memperhatikan apakah pada saat bayi Anda cegukan tidak disertai dengan upaya meludah dan batuk. Jika kondisi tersebut terjadi, segera konsultasikan kondisi bayi Anda kepada dokter.

 

Be the first to comment on "Tak Perlu Khawatir Salah Langkah, Kenali Dulu Kondisi Bayi Cegukan Ini"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*