Tanda Dan Gejala Hamil Muda Yang Perlu Diketahui

Tanda Dan Gejala Hamil Muda Yang Perlu Diketahui

Sejak awal kehamilan tanda hamil memang bisa dirasakan.  Kehamilan dapat mengubah suhu tubuh menjadi lebih peka. Namun, ada beberapa ibu yang tidak merasakan tanda-tanda kehamilan, karena kondisi hormon pada tubuh.  Untuk menghilangkan keraguan apakah sedang hamil atau tidak, mari kita simak gejala hamil muda berikut ini !

Tanda Dan Gejala Hamil Muda Yang Perlu Diketahui

  • Tidak menstruasi

Tanda yang paling pasti anda hamil adalah tidak menstruasi. Menstruasi biasanya terhitung dalam periode antara 26 sampai 29 hari. Agar anda tahu hamil atau tidak, tunggu  selama beberapa hari dari jadwal menstruasi anda. Jika menstruasi tetap datang ,berarti anda mengalami menstruasi yang terhambat. Jika tidak menstrasi anda bisa ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan

  • Puting terasa sakit

Pada usia kehamilan 2 sampai 3 minggu, puting akan terasa sakit.  Sakit ini tidak di semua bagian payudara namun hanya di bagian puting saja.  Rasa sakit ini seperti nyeri, perih dan lebih senstif. Hal ini terjadi karena siklus  dalam tubuh yang melewati ovulasi sel telur telah bertemu dengan sperma sehingga terjadi kehamilan. Jika puting terasa sakit, ada baiknya memakai pakaian yang nyaman dan menyerap keirngat

  • Morning sickness

Tanda hamil muda selanjutnya adalah morning sickness.  Namun kondisi ini biasanya hanya terjadi apabila ibu masuk trisemester pertama kehamilan. Tanda morning sickness adalah mual dan muntah.  Sebenarnya mual dan muntah ini tidak terjadi pada pagi hari saja, namun bisa sepanjang hari. Hal ini yang bisa membuat ibu terasa lemah.

  • Seperti akan menstruasi

Gejala hamil muda lainnya adalah ibu merasa akan menstruasi. Ditandai dengan perut tidak nyaman, punggung lelah, dan seperti ada tekanan pada perut bagian bawah. Sebenarnya hal ini merupakan tanda bahwa tubuh memiliki reaksi tekanan pada rahim, meskipun janin belum terlihat, namun rahim sudah siap untuk menerima kehamilan.

  • Perut dibagian bawah berkedut

Jika anda merasakan perut berkedut seperti dipukul atau perut berasa ditarik, kemungkinan anda sedang hamil muda.  Hal ini menyebabkan ibu merasa tidak nyaman selama beberapa hari, dan membuat ibu susah makan dan malas beraktivitas.  Jika berbaring, maka tekanan akan lebih kuat. Hal ini sangat alami, karena tubuh siap menerima janin.

  • Kram perut

Kram perut menyebabkan seperti ada yang tumbuh di perut. Jika usia kehamilan beberapa minggu ibu akan mengalami kram perut yang cukup sering.  Namun jika kram perut ini dirasakan berlebihan, ada baiknya segera datang ke dokter.

  • pendarahan ringan

Pada awal masa kehamilan, ibu akan mengalami pendarahan ringan.  Biasanya darah yang keluar tidak bewarna merah, namun merah muda.  Darah ini biasanya keluar paling lama 2 hari. Namun ada juga yang Cuma 1 hari.  Kondisi ini disebabkan oleh implantasi pada rahim. Embrio telah menempel pada rahim dan siap untuk berkembang menjadi janin.

Baca juga: Anda Hamil Muda, Perlu Simak Tips Ini

Itu dia 7 tanda yang mengindikasikan anda hamil atau tidak. Semoga informasi ini membantu anda ya. Sampai jumpa !

Be the first to comment on "Tanda Dan Gejala Hamil Muda Yang Perlu Diketahui"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*