Tanda-Tanda Awal Wanita Hamil

Ketika telat haid maka bisa diduga bahwa wanita sedang mengandung usia muda. Hal ini tentu sangat dinanti-nantikan oleh pasangan suami-istri. Namun nyatanya banyak sekali yang ingin tahu mengenai status kehamilan sebelum telat haid. Memang pada dasarnya ada beberapa tanda awal kehamilan sebelum telat haid yang diketahui oleh perempuan. Dengan demikian maka bisa memprediksi apakah sedang mengandung atau tidak sehingga bisa dilakukan pengecekan lebih lanjut. Karena pada dasarnya gejala kehamilan dialami oleh lebih dari sebagian besar wanita. Hanya beberapa wanita saja yang ketika hamil tidak merasakan gejala apapun.

Gejala Kehamilan Awal Wanita Sebelum Haid

Berikut ini merupakan beberapa tanda-tanda awal kehamilan yang dialami oleh perempuan.

  • Sensitif pada bau

Hal ini terjadi oleh banyak perempuan yang mengandung di masa-masa awal. Ketika mencium bau bauan atau aroma maka biasanya membuat perut terasa mual dan enak sehingga ingin menghindar darinya dan mengurangi nafsu makan. Meskipun gejala ini belum pasti akan tetapi diperkirakan bahwa hal ini terjadi karena hormon progesteron yang berpengaruh terhadap respon tubuh saat hamil.

  • Bercak ringan atau ngeflek

Sebagian besar wanita yang hamil di masa awal mengalami flek ringan di beberapa waktu sebelum datangnya haid. Hal ini bisa jadi sebuah tanda kehamilan wanita yang cukup dia kini karena implantasi dari sel telur yang sudah dibuahi. Untuk itu perhatikan dengan baik apakah terdapat flek yang keluar dari daerah kemaluan atau tidak.

  • Kram perut

Biasanya gejala wanita hamil adalah mengalami kram pada perut karena terjadinya implantasi pada rahim. Bisa jadi ini merupakan tanda wanita hamil muda 1 minggu atau lebih yang kemungkinan bisa diprediksi. Namun Kebanyakan orang menganggap bahwa kram ini merupakan nyeri akan datangnya haid karena pada dasarnya waktu hampir bersamaan.

  • Kerap buang air kecil

Ketika awal kehamilan, maka aka nada perubahan hormonal yang mempengaruhi berbagai hal. Perlu diketahui bahwa perubahan ini mampu mempercepat alira darah menuju ginjal. Dengan demikian maka kandung kemih bisa cepat terisi dan menyebabkan buang air kecil begitu sering. Ini merupakan tanda kehamilan wanita yang sering terjadi. Namun banyak yang tidak menyadari akan hal ini. Rasa kerap buang air kecil ini semakin meningkat beriringan dengan tumbuh kembang janin di dalam uterus. Semakin tua usia kehamilan, maka frekuensi buang air kecil akan semakin banyak, karena kandung kemih tertekan janin.

  • Kelelahan

Kebanyakan perempuan hamil mengalami rasa lelah yang berlebihan sehingga banyak waktu yang digunakan untuk tidur dan istirahat. Hal ini dikarenakan hormoneprogesterone yang meningkat. Banyak yang mengira bahwa lelah ini merupakan hal yang biasa, tetapi siapa sangka bahwa ini merupakan gejala yang dirasakan ketika mengandung di masa awal. Karena mereka mengira bahwa kelelahan itu mungkin karena akan terserang flu.

  • Payudara terasa nyeri

Gejala kehamilan lainnya adalah payudara yang sensitive dengan sentuhan. Biasanya otot-otot payudara akan terasa tegang seperti saat ketika akan menstruasi. Biasanya gejala yang demikian dirasakan sekitar 2 atau 3 minggu sesudah pembuahan terjadi. Kemudian diikuti oleh perubahan hormonal. Payudara yang sensitive ini akan terus dirasakan hingga usia kehamilan semakin berlanjut.

Itulah beberapa tanda kehamilan wanita yang dirasakan saat awal. Ketika merasakan gejala-gejala demikian, maka lebih baik melakukan pemeriksaan lebih lanjut, sehingga bisa memastikan bahwa sedang mengandung. Apalagi kehamilan ini sangatlah dinantikan oleh sepasang suami isteri, terutama yang sedang menantikan momongan.

Be the first to comment on "Tanda-Tanda Awal Wanita Hamil"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*