Inilah Tanda-Tanda Kemungkinan Anda Hamil

tanda tanda kehamilan

Kehamilan merupakan suatu yang pasti ditunggu-tunggu bagi setiap sepasang suami istri, apalagi jika mereka adalah pasangan baru. Setiap wanita pasti ingin merasakan hamil dan memiliki buah hati yang lucu dan menggemaskan. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk mengetahui bahwa Anda hamil atau tidak adalah dengan cara menggunakan tespek atau alat tes kehamilan.

Namun, selain menggunakan alat tes kehamilan, ternyata ada beberapa tanda seorang wanita sedang hamil. Tanda-tanda dugaan kehamilan atau tanda presumtif bagi setiap wanita dapat berbeda-beda. Hal ini biasanya bergantung pada kesehatan si ibu dan janin dalam kandungan. Mau tahu tanda-tanda apa saja yang dapat menandakan kamu hamil atau tidak? Yuk, simak uraian tanda-tanda kemungkinan hamil berikut ini!

Terjadinya Perubahan Payudara

Seseorang yang terjadi kehamilan biasanya payudaranya akan membesar. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya produksi hormon esterogen dan progesteron pada wanita. Selain itu, payudara biasanya akan terasa makin lembut sehingga akan lebih sensitif dan akan terasa sakit atau nyeri ketika dipegang. Sementara itu, puting susu akan membesar, warnanya semakin gelap, dan terkadang gatal. Pembuluh vena pada payudara juga akan terlihat yang disebabkan oleh penegangan payudara.

Sering Buang Air Kecil

Seorang wanita yang baru hamil biasanya akan lebih sering buang air kecil, khususnya saat malam hari. Sementara pada tahap kehamilan selanjutnya, seringnya buang air kecil lebih disebabkan oleh pembesaran pada rahim yang menekan kantong kemih.

Sering Merasa Lelah

Seorang wanita yang sering lelah tanpa sebab juga dapat menjadi tanda-tanda munculnya kehamilan. Kondisi ini biasanya berlangsung selama 3 bulan awal masa kehamilan. Jika Anda mengalaminya, hindarilah mengonsumsi kafein dan konsumsilah makanan bernutrisi dan istirahat yang cukup.

Mual dan Muntah

Gejala ini umumnya akan muncul pada usia kehamilan 6 minggu dan akan hilang hingga usia kehamilan memasuki 12 sampai 16 minggu. Gejala ini biasanya sering terjadi pada pagi hari. Untuk mencegahnya, sebaiknya Anda menjaga perut agar tidak kosong, yaitu dengan mengonsumsi makanan sedikit demi tapi lebih sering.

Sensitif terhadap Bau

Mual dan muntah ini juga dapat disebabkan oleh sensitifnya indera penciuman wanita hamil yang memang akan lebih tajam dari sebelumnya. Berbagai makanan dengan aroma tertentu tetapi biasa Anda konsumsi sebelumnya akan membuat Anda tiba-tiba merasa mual. Misalnya, aroma telur dan bawang.

Hilangnya Nafsu Makan

Karena kadar hormon yang meningkat serta sensitifnya terhadap bau-bauan dapat membuat wanita hamil menjadi tidak nafsu menyantap makanan yang biasa ia konsumsi sebelumnya.

Konstipasi

Perubahan hormon yang terjadi pada wanita hamil juga dapat membuat kinerja sistem pencernaan melambat sehingga dapat mengakibatkan sembelit.

Suasana Hati yang Mudah Berubah

Wanita yang sedah hamil juga dapat ditandai dengan mudahnya suasana hati yang berubah-ubah. Hal ini disebabkan oleh perubahan yang terjadi pada wanita hamil sehingga akan lebih emosional dan suasana hati akan cepat berubah tanpa alasan.

Pusing

Pada awal masa kehamilan, seorang wanita biasanya akan merasa kerap mengalami pusing. Hal ini disebabkan oleh penurunan tekanan darah dan menyempitnya pembuluh darah pada wanita hamil.

Bercak Darah

Seorang wanita yang hamil juga dapat ditandai oleh munculnya bercak-bercak darah yang keluar dari vagina. Munculnya bercak-bercak darah tersebut menjadi tanda bahwa sel telur yang sudah dibuahi menempel pada dinding rahim.

Itulah beberapa tanda kehamilan yang mungkin terjadi pada Anda. Tanda-tanda tersebut belum tentu terjadi pada semua wanita. Oleh sebab itu, untuk memastikan Anda hamil atau tidak, Anda bisa memeriksanya ke dokter kandungan. Sebelum memeriksanya ke dokter, Anda juga bisa memeriksanya dengan alat tes kehamilan. Mau tahu, cara menggunakan alat tes kesehatan agar hasilnya akurat? Klik di sini.

Sumber Gambar

serbaweb.com

res.cloudinary.com

Be the first to comment on "Inilah Tanda-Tanda Kemungkinan Anda Hamil"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*