Tanda-tanda si Kecil Sudah Siap Mengonsumsi Makanan Bayi

Tanda-tanda si Kecil Sudah Siap Mengonsumsi Makanan Bayi

Makanan bayi bisa diberikan pada bayi saat usianya sudah menginjak enam bulan. Salah satu makanan padat yang bisa diberikan kepada bayi untuk meningkatkan tumbuh kembangnya yaitu bubur bayi. Memberikan makanan padat adalah hal yang sangat krusial dalam tumbuh kembang si kecil. Setidaknya, hal tersebut bisa dijadikan sebagai salah satu kesempatan untuk mengeksplorasi rasa dan tekstur bubur bayi yang hendak diberikan kepada si kecil. Tetapi satu hal yang harus menjadi fokus Anda sebagai orang tua adalah bukan seberapa banyak si kecil menyantap makanannya tetapi fokuslah terhadap kebiasaan si kecil untuk mulai mengonsumsi makanan.

Tanda-tanda si Kecil Sudah Siap Mengonsumsi Makanan Bayi

Tanda-tanda si kecil siap mengonsumsi makanan bayi

Tidak hanya usia yang bisa menjadi penanda bahwa si kecil sudah bisa diberikan makanan bayi, namun hal-hal berikut ini juga bisa dijadikan patokan kalau si kecil siap untuk mulai menyantap makanan padat.

  • Kepala si kecil sudah bisa tegak

Tanda-tanda kalau si kecil sudah bisa diberikan maka yaitu ketika ia mampu menahan kepalanya dengan tegak dan juga stabil.

  • Bisa duduk dengan baik

Tanda berikutnya yaitu si kecil sudah bisa duduk dengan baik pada saat sedang Anda pangku. Setidaknya ia sudah mampu duduk dengan tegak sendiri dan berikan kursi bayi lalu dekatkan bubur bayi di atas meja untuk memudahkan dia menyantapnya.

  • Bisa mengunyah

Bisa mengunyah merupakan salah satu kemampuan yang sangat penting dan harus dimiliki oleh si kecil. Normal, jika Anda melihat si kecil kesulitan mengunyah dan menelan makanan padat ketika pertama kali ia mulai makan.

  • Mulai penasaran dengan makanan yang Anda konsumsi

Jika si kecil mulai penasaran dengan makanan yang sedang Anda konsumsi pada saat bersamanya dan dia mulai mencoba meraih apa yang sedang Anda makan, maka itu artinya ia sudah siap untuk diberikan bubur bayi.

  • Koordinasi tubuhnya baik

Kesiapan si kecil untuk bisa menerima makanan padat dapat dilihat dari kemampuannya dalam mengelola koordinasi tubuhnya. Setidaknya jika si kecil sudah mampu untuk melihat, mengambil serta memasukkan makanan ke dalam mulutnya sendiri, itu artinya ia sudah mulai siap menerima makanan padat.

  • Memiliki bobot tubuh ideal

Kesiapan si kecil untuk bisa mengonsumsi makanan bayi juga bisa dilihat dari bobot tubuhnya. Jika ia sudah siap, biasanya pada usia enam bulan, bobot tubuhnya sudah dua kali lipat dari bobot ketika ia lahir.

Baca juga Inilah Beberapa Senyawa Berbahaya dalam Makanan Bayi Kemasan

Perhatikan hal Ini ketika akan memberikan bubur bayi

Ketika hendak memberikan makanan pada bayi, maka Anda harus memastikan lebih dulu apakah si kecil memiliki alergi atau tidak kepada makanan-makanan tertentu. Biasanya untuk usia 4-6 bulan, lebih baik si kecil diberikan makanan yang dibuat dari pisang dan advokad. Sedangkan bahan lainnya yang bisa dijadikan bubur yaitu wortel, sereal bayi dan juga kacang polong.

 

Be the first to comment on "Tanda-tanda si Kecil Sudah Siap Mengonsumsi Makanan Bayi"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*