Tanpa Obat, Cara Mengatasi Bayi Pilek yang Aman Untuk Anda Coba

Tanpa Obat, Cara Mengatasi Bayi Pilek yang Aman Untuk Anda Coba

Sistem daya tahan tubuh pada bayi yang belum sempurna membuat dirinya rentan terhadap penyakit. Mengerikannya lagi, sekitar 200 jenis virus bisa jadi biang masalah yang menyebabkan bayi pilek. Pilek pada si kecil biasanya ditandai dengan keluarnya cairan ingus dari hidung yang dalam satu minggu akan berubah menjadi cairan ingus berwarna kehijauan.

Tanpa Obat, Cara Mengatasi Bayi Pilek yang Aman Untuk Anda Coba

Jika bayi Anda mengalami pilek, Anda tidak perlu panik. Karena sebenarnya pilek pada bayi akan sembuh dengan sendirinya dengan hanya memastikan si kecil mendapat istirahat dan nutrisi yang cukup. Meski demikian, bukan berarti Anda sebagai orang tua tidak melakukan apa-apa. Berikut beberapa tips yang hanya perlu Anda lakukan di rumah untuk mengatasi pilek pada bayi.

Jauhkan Bayi Dari Ruangan Ber-AC

Pada saat bayi pilek, sebaiknya Anda menempatkan di ruangan yang tidak memiliki pendingin ruangan untuk menghindari hidung tersumbat. Namun, bila bayi justru merasa nyaman di ruangan ber-AC, sebaiknya gunakan mesin pelembab udara dan jangan lupa tambahkan minyak esensial, misalnya mentol.

Baca juga: Obat Bayi yang Perlu Dibawa Saat Bayi Melakukan Perjalanan

Encerkan Lendir dengan Air Garam

Jika Anda merasa pilek tersebut sudah mengganggu kenyamanan bayi, hal yang Anda harus lakukan adalah mengencerkan lender dengan menggunakan air garam. Teteskan air garam ke ujung lubang hidung bayi. Baru setelah itu Anda bisa menggunakan alat penyedot ingus untuk membersihkan sisa lendir yang masih ada di hidungnya. Jika ada cairan lendir yang mengeras pada hidung, segera bersihkan dengan menggunakan kapas yang dibasahi air hangat. Selain itu, untuk menghindari iritasi, cobalah untuk mengoleskan petroleum jelly pada bagian luar lubang hidung bayi.

Tepuk Lembut Punggung Bayi

Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi bayi pilek adalah dengan menepuk perlahan punggung si kecil. Hal ini dilakukan agar meringankan pernapasannya yang tersumbat oleh lendir. Kemudian baringkan bayi dengan posisi tengkurap.

Jangan Memberikan Obat Sembarangan

Pada dasarnya, pilek pada bayi tidak butuh disembuhkan dengan konsumsi obat selama tidak para hingga mengganggu aktivitas si bayi. Pasalnya, untuk anak yang dibawah usia 6 tahun, penggunaan obat sangat tidak dianjurkan karena efek sampingnya yang berbahaya. Sebagai gantinya untuk bayi pilek, Anda dapat memberikan teh hangat untuk membantu meredakan hidung tersumbat.

Kondisi Yang Harus Diwaspadai

Meski tidak membutuhkan konsumsi obat, bukan berarti Anda sebagai orang tuan tidak waspada. Pasalnya beberapa hal Anda perlu berhati-hati dalam keadaan terburuk, seperti pilek yang diiringi batu dan demam dengan suhu tinggi. Pada bayi yang berusia di bawah tiga bulan, demam tidak boleh lebih dari 39 derajat celcius dan pada bayi di atas 4 bulan, suhu tubuh maksimal hanya pada angka 40 derajat celcius.

Selain itu, kondisi yang harus diwaspadai adalah demam yang berlangsung lebih dari dua hari, disertai dengan mata berair atau muncul kotoran mata serta pilek tidak membaik setelah 7-10 hari. Jika kondisi tersebut terjadi, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter untuk penanganan yang aman bagi bayi.

Be the first to comment on "Tanpa Obat, Cara Mengatasi Bayi Pilek yang Aman Untuk Anda Coba"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*