Tata Cara Pembuatan Susu Formula Bayi yang Benar untuk Menjaga Nilai Gizinya

Tata Cara Pembuatan Susu Formula Bayi yang Benar untuk Menjaga Nilai Gizinya

Sebagian banyak diantara bayi saat ini tak hanya cukup dipenuhi kebutuhan nutrisinya dengan mengandalkan ASI saja, melainkan juga harus ditunjang dengan asupan nutrisi pendukung, salah satunya adalah susu formula. Apalagi ketika mereka sudah mulai menginjak usia 6 bulan, dimana kebutuhan nutrisinya menjadi jauh lebih besar dibandingkan dengan sebelumnya. Tak hanya itu pada usia tersebut umumnya banyak diantara bunda yang sudah mulai melakukan aktivitas lainnya seperti bekerja, sehingga tidak setiap saat dapat menemani buah hati.

Tata Cara Pembuatan Susu Formula Bayi yang Benar untuk Menjaga Nilai Gizinya

Meskipun bukan tergolong sebagai produk susu alami dan mudah diserap layaknya asi, namun jangan khawatir karena susu kemasan khusus bayi ini tetap aman untuk mereka konsumsi, asalkan dengan pilihan yang tepat, pertimbangan penting mulai dari usia merk, kandungan gizi dan yang lain-lainnya sehingga tidak mendapatkan susu yang salah untuk buah hati. Tawaran harganya juga sangat beragam ada yang murah, namun tidak jarang pula yang mahal, pastikan menyesuaikan dengan keuangan.

Adapun agar susu formula tersebut memberikan manfaat yang optimal kepada buah hati Anda, maka ikuti paduan pembuatannya secara benar, jadi nilai gizi bisa terserap lebih optimal, diantaranya adalah:

  1. Hanya gunakan perlengkapan yang steril saja, tak jarang diantaranya bakteri mengkontaminasi produk susu berasal dari sarana yang dipakai dalam pembuatan minuman tersebut, bukan berasal dari susu itu sendiri, jadi pastikan perlengkapan memasak yang dipakai benar-benar bersih, diantaranya adalah panci untuk merebus air sampai yang tak kalah penting adalah botol susu, lebih baik disterilkan terlebih dahulu sebelum digunakan.
  2. Hanya gunakan air panas hasil rebusan, tidak dianjurkan memakai air dingin secara langsung ketika akan membuat susu untuk bayi, hal ini disebabkan karena kandungan bakteri yang ada di dalam air dingin tersebut sudah pasti ada, belum lagi dengan resiko-resiko zat kimia yang ada dalam air kemasan tersebut, jadi untuk menghilangkan semuanya lebih dianjurkan bagi Anda untuk merebusnya terlebih dahulu.
  3. Pastikan susu yang dipakai tersebut masih dalam batas aman tanggal kadaluarsa, artinya jangan menggunakan produk yang sudah tak layak pakai, cek atau periksa juga kondisi pembungkus, apakah tertutup secara rapat atau tidak, jangan membeli susu yang kemasannya sudah rusak meskipun harganya terbilang murah. Jika sudah dibuka pastikan juga menyimpannya secara tertutup rapat, untuk mencegahnya terkontaminasi kuman.
  4. Pada saat memberikan susu kepada buah hati maka sajikan dalam kondisi hangat atau sudah agak dingin, karena akan sangat berbahaya memberikan susu yang panas kepada mereka.

Simak juga Tips Memilih Susu Formula yang Tepat untuk Bayi Baru Lahir

Temukan juga produk susu formula yang tepat jika seandainya buah hati Anda memiliki masalah khusus dengan kesehatan, salah satu contohnya adalah mengalami intoleransi laktosa.

Be the first to comment on "Tata Cara Pembuatan Susu Formula Bayi yang Benar untuk Menjaga Nilai Gizinya"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*