Ternyata Inilah Berbagai Sebab Bayi Diare yang Perlu Ibu Ketahui

Ternyata Inilah Berbagai Sebab Bayi Diare yang Perlu Ibu Ketahui

Kesehatan anak menjadi prioritas utama orang tua, terlebih lagi jika anak tersebut masih bayi yang belum bisa menunjukkan ekspresi dengan jelas. Bayi memang masih rentan terhadap sedikit saja penyebab gangguan kesehatan. Banyak jenis penyakit yang bisa dengan mudah menyerang bayi meski sudah dimaksimalkan upaya kesehatannya oleh orang tua. Salah satu penyakit yang sering terjadi pada bayi adalah diare. Termasuk penyakit yang harus segera di tangani karena jika diare berkelanjutan akan berakibat bayi mengalami dehidrasi dan kehilangan nutrisi yang dibutuhkannya. Pastinya ibu tak ingin hal tersebut terjadi bukan? Berikut ini adalah beberapa penyebab bayi diare yang perlu diwaspadai:

 Ternyata Inilah Berbagai Sebab Bayi Diare yang Perlu Ibu Ketahui

  • Tidak cocok dengan makanan.

Bayi masih memiliki sistem pencernaan yang belum sempurna sehingga ketidakcocokan dengan makanan masih menjadi penyebab terbesar mengapa dia diare. Makanan yang baru diterima oleh bayi misalnya bisa menjadi penyebab diare karena belum terbiasanya lambung. Selain itu bayi juga bisa mengalami reaksi alergi makanan dengan akumulasi terjadinya diare atau konstipasia.

  • Tidak cocok dengan susu.

Selain makanan, susu formula baru bisa menjadi penyebab diare. Jika ibu mengganti asi dengan susu formula atau sedang mencoba susu formula mana yang bisa menjadi pendamping asi, berikan terlebih dahulu dalam porsi sedikit dan encer sembari melihat reaksi dari perut bayi. Jika bayi bisa menerimanya, maka Anda bisa menambahkan porsinya dan menambah kekentalannya.

  • Masuknya kuman atau bakteri.

Penyebab bayi diare yang perlu lebih diperhatikan adalah adanya pencemaran bakteri di sistem pencernaannya. Umumnya jika ini terjadi, bayi juga akan mengalami demam. Pencemaran ini bisa terjadi akibat penggunaan botol minum yang kurang bersih, bubur bayi yang terkontaminasi, atau lingkungan bayi yang kurang higienis seperti tangan ibu yang tidak bersih saat menyiapkan makanan.

  • Gangguan penyakit.

Diare pada bayi juga bisa terjadi akibat gangguan suatu penyakit seperti campak dan HIV. Bayi yang sedang mengalami penurunan ketahanan tubuh juga bisa dengan mudah mengalami diare. Untuk menyembuhkan diare dengan penyebab ini, ibu perlu menemukan dahulu jenis penyakit awal dan mengobatinya.

  • Terlalu banyak minum jus buah.

Buah memang baik untuk perkembangan bayi karena mengandung vitamin dan mineral. Namun terlalu banyak mengkonsumsi jus buah atau air buah juga bisa menjadi penyebab diare bagi bayi. Berikan porsi air buah secara bertahap sesuai dengan kestabilan sistem pencernaannya. 

 Baca juga artikel menarik lainnya di bayionline.net

Itulah beberapa penyebab bayi diare yang perlu ibu ketahui lebih dini agar bisa melakukan antisipasi untuk menjaga kesehatan bayi lebih optimal. Diare pada bayi bisa berhenti dengan sendirinya setelah penyebabnya dieliminasi, namun ada juga diare yang membutuhkan pengobatan lebih lanjut sehingga jika diare tidak berhenti selama 2 hari ada baiknya ibu segera membawa bayi ke dokter untuk diperiksa.

Be the first to comment on "Ternyata Inilah Berbagai Sebab Bayi Diare yang Perlu Ibu Ketahui"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*