Tips & Cara Merawat Boneka Bayi Agar Terhidar dari Debu dan Kotoran

Mainan sangat diperlukan dalam masa pertumbuhan mulai bayi hingga anak-anak. Fungsi mainan untuk bayi bukan sekedar menyenangkan hatinya namun bisa melatih kecerdasan dan mengasah daya berpikirnya. Awal kelahiran merupakan masa penting tumbuh kembang bayi. Salah satu mainan yang banyak dipilih orang tua adalah boneka bayi.

Ada banyak jenis karakter boneka yang bisa dijadikan pilihan mainan si kecil, umumnya di ambil dari tokoh-tokoh kartun dan binatang, seperti: Teddy Bear, Elmo, Shaun The Sheep, Angry Bird dan masih banyak model boneka lainnya yang tidak kalah lucu.

Dengan media boneka orang tua bisa bermain-main dengan si kecil. Pada usia genap satu bulan ia sudah mulai bisa melihat jelas. Si kecil mulai mengenali orang disekitarnya. Selain itu bayi mulai suka memasukkan benda-benda yang ia pegang tidak terkecuali boneka kesayangannya.

Aktivitas memasukkan benda ke dalam mulutnya bisa mengganggu kesehatan si kecil, terlebih benda yang dimasukkan kotor mengandung bakteri dan virus. Oleh karena itu boneka bayi harus rutin dibersihkan.

Lalu bagaimana cara merawat boneka? Boneka yang sering dimainkan rentan terkena debu, kotoran, tetesan noda makanan. Bahkan boneka yang tidak pernah dimainkan sekalipun bisa terkena debu. Jika dibiarkan terlalu lama, kotoran bisa menempel pada boneka dan merusak kondisi boneka bahkan dapat merusak kesehatan bayi Anda. Berikut tips merawat boneka yang bisa Anda coba.

  1. Boneka bayi boleh dicuci menggunakan mesin cuci. Tapi perhatikan jenis dan bahan bonekanya. Ada beberapa jenis boneka yang tidak boleh dicuci menggunakan mesin. Untuk mengetahui boleh tidaknya Anda bisa melihat di label boneka. Karena dipakai mainan bayi, sebaiknya hindari pencuci dan pewangi yang mengandung bahan kimia.
  2. Jika Anda mencuci boneka menggunakan tangan, maka siapkan ember cucian dengan air dan masukkan sabun pembersih secukupnya. Kucek hingga debu dan kotoran hilang. Lalu bilas hingga bersih.
  3. Untuk menghilangkan debu yang menempel, Anda bisa membersihkannya pakai lap yang dibasahi dengan air hangat.
  4. Keringkan boneka dan harus benar-benar kering.
  5. Atau bisa dengan vacuum cleaner untuk menghilangkan kotoran dan debu. Tapi sebaiknya jangan terlalu sering, karena bisa menyebabkan bulu boneka rontok.
  6. Jika terkena noda bersihkan dengan soda kue. Caranya: masukkan boneka ke dalam paper bag kemudian taburi dengan soda kue, secukupnya. Goncangkan tas selama beberapa menit sampai soda menempel ke permukaan boneka. Diamkan selama 1 jam, lalu bersihkan menggunakan handuk atau lap bersih.

Demikian tips merawat boneka agar dalam kondisi yang selalu bersih. Bermain boneka yang bersih membuat bayi lebih senang dan riang karena tidak ada debu dan kotoran yang menempel. Jadi jangan sampai terlewatkan merawat boneka bayi dengan cara mencuci dan mengeringkannya dengan benar.

 

Be the first to comment on "Tips & Cara Merawat Boneka Bayi Agar Terhidar dari Debu dan Kotoran"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*