Tips Agar Balita Tidak Mudah Sakit dan Kenali Cara Mendidiknya

Tips Agar Balita Tidak Mudah Sakit dan Kenali Cara Mendidiknya

Balita atau bawah lima tahun merupakan salah satu periode usia manusia setelah bayi dengan rentang usia dimulai dari dua sampai lima tahun atau digunakan perhitungan bulan. Anak lima tahun ini dicirikan dengan pertambahan berat badan menurun terutama diawal masa pertumbuhan karena anak menggunakan banyak energi untuk bergerak. Saat berumur dibawah lima tahun maka akan melatih kemampuan motorik kasar seperti berlari, memanjat, melompat dan mengelola keseimbangan tubuh dan mempertahankan rentang atensi. Pada umur seperti ini maka anak akan mulai berlatih untuk mengikuti aturan melalui proses penahanan keinginan untuk membuang kotoran. 

Tips Agar Balita Tidak Mudah Sakit dan Kenali Cara Mendidiknya

Berikut adalah tips supaya anak tidak mudah sakit diantaranya: 

  • Berikan ASI eksklusif ketika bayi baru lahir selama 6 bulan dan berikan ASI secara penuh untuk memenuhi gizi bayi dan pembentukan sistem imun sehingga akan jauh lebih baik.
  • Jaga kebersihan perlengkapan bayi untuk menghindari penularan penyakit dengan mencuci bersih perlengkapan makan dan minum, pakaian bayi dengan benar sehingga terbebas dari kuman dan penyakit.
  • Ajari untuk gemar makan buah dan sayuran karena akan membuat anak lebih kebal terhadap penyakit karena mengandung antioksidan tinggi pada buah dan sayuran.
  • Berikan madu ketika diatas 2 tahun secara rutin karena memilih kandungan antivirus, anti kuman dan kemampuan meningkatkan kekebalan tubuh.

Selain beberapa diatas, lakukan imunisasi memberi manfaat besar untuk melawan berbagai penyakit. Tetap memberikan waktu yang cukup untuk istirahat sehingga akan membuat anak terus membangun sistem kekebalan tubuhnya. Hindari anak dari makanan instan dan jajanan yang tidak sehat karena hal tersebut belum dipastikan kebersihan dan kandungan gizi untuk balita. 

Berikut adalah cara mendidik anak diantaranya: 

  • Selalu ajak anak berbicara, akan membuat anak berkomunikasi dengan baik dan meningkatkan respon anak terhadap apa yang dibicarakan.
  • Sering membacakan dongeng atau cerita akan meningkatkan kosa kata pada anak dan menerapkan penggunaan buku bergambar dan berwarna.
  • Membeli kaset dalam bahasa asing, masa perkembangan ini merupakan masa yang tepat untuk mengenalkan bahasa lain.
  • Jangan bosan melakukan pengulangan, karena akan membantu anak untuk mudah mengingat apa yang mereka lihat.
  • Membeli magnet kulkas berupa abjad, untuk mengenal huruf dan angka.
  • Ibu ikut bermain, akan mengembangkan bakat dan minat serta kemampuan anak ketika mempelajari sesuatu hal yang baru.

Baca juga Pahami Kemampuan Berbahasa Balita Sesuai dengan Usianya

Selain beberapa diatas, perlu juga memperdengarkan lagu pada anak dengan lagu anak-anak untuk menambah kosa kata baru. Belajar musik juga dapat mengembangkan kecerdasan otak kanannya. Dengan bermain game juga dapat meningkatkan visualisasi anak dalam mempelajari sesuatu dan sebaiknya memilih game yang mengajarkan anak yang baik. Balita juga perlu dibimbing ketika menonton TV untuk membantu anak mengatur jadwal belajar dan bermain, untuk mengatur tontonan yang wajar untuk anak.

 

Be the first to comment on "Tips Agar Balita Tidak Mudah Sakit dan Kenali Cara Mendidiknya"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*