Tips Agar Bayi Cerdas Dan Sehat

Semua orang tua menginginkan anaknya tumbuh sehat dan cerdas. Perkembangan kognitif atau intelektual merupakan perkembangan yang mempengaruhi pikiran bayi cerdas. Inilah yang menjadi tanggung jawab orang tua dalam pembentukan mental, pengamblan keputusan, kemampuan bahasa, penyelesaian masalah, pemahaman sebab akibat dsb.

Menurut seorang ahli, Piaget menyatakan bahwa perkembangan kognitif pada bayi berlangsung melalui interaksi dirinya dengan lingkungannya. Itu sebabnya mengapa orang tua memegang peranan penting untuk memaksimalkan perkembangan kemampuan kognitif anak, khususnya pada usia 0-12 bulan.

Berikut ini kita akan membahas mengenai 10 cara yang bisa dijadikan acuan para orang tua untuk memaksimalkan kemampuannya agar bayi cerdas. Yuk, langsung saja simak pembahasannya berikut ini.

Makan Makanan Yang Sehat Sejak Bayi Masih Di dalam Kandungan

Dari sejak ibu mengandung perhatikan asupan makanan yang bergizi dengan nutrisi lengkap sesuai kebutuhan. Selain menjaga ibu tetap dalam kondisi sehat, terhindar dari penyakit, makanan yang sehat juga membuat janin di dalam kandungan tumbuh dan berkembang dengan sehat.

Ajak Berbicara

Ajak bayi bicara sesering mungkin. Walaupun ia belum mengerti atau belum bisa membalas dengan kata-kata, mengajak bicara anak sangat membantu ia menjadi pendengar yang baik dan mulai belajar merespon.

Bermain Bersama

Ikut bermain atau terlibat dalam permainan otomatis mengajarkan anak bagaimana cara bermain seharusnya. Selain itu bermain bersama bisa membantu mempercepat proses belajarnya, mengembangkan potensi sosialnya, mengenali bakat, kemampuan dan memenuhi kebutuhan emosinya.

Membacakan Cerita

Dengan membacakan cerita anak selain menumbuhkan kecintaan terhadap buku juga membantu meningkatkan kemampuan kosakata, keterampilan berbahasa dan mengembangkan imainasinya. Pilih buku cerita yang tepat, khusus untuk anak-anak. Biasanya buku khusus anak memiliki gambar dengan warna-warna yang menarik. Sehingga anak tertarik untuk melihat dan memainkannya.

Bernyanyi

Memilih lagu anak tidak boleh sembarangan, sebaiknya pilih nada atau bunyi yang unik dan gembira yang membuat anak ingin bergerak. Selain itu, dengan bernyanyi membuat buah hati memahami, mengetahui beragam bunyi dan menambah kosakata bahasa. Buat suasana yang menyenangkan saat bernyanyi bersama sehingga ia terdorong untuk ikut bergembira dan bergerak ke sana kemari.

Perhatikan makanannya

Makanan merupakan faktor penting yang mempengaruhi perkembangan kecerdasan buah hati. Pastikan makanan yang diberikan mengandung nutrisi yang tepat, sehat dan bervitamin. Beri sesuai nutrisi yang dibutuhkan.

Memberikan Mainan Yang Tepat

Mainan bagi anak bukan sekedar untuk menghibur hatinya namun juga bisa membantu kecerdasannya bertambah. Oleh sebab itu disarankan para orang tua memberikan mainan yang sesuai dengan umur dan kebutuhannya. Sekarang banyak mainan yang dijual di pasaran yang membantu menstimulus perkembangan kognitif maupun motoriknya.

Demikian tips yang bisa Anda coba agar bayi cerdas dan sehat aktif bergerak. Semoga artikel ini bermanfaat!

Be the first to comment on "Tips Agar Bayi Cerdas Dan Sehat"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*