Tips Agar Bayi Sehat Selalu dan Mempunyai Perkembangan Terbaik

Bayi yang sehat menjadi dambaan semua orangtua yang mempunyai keturunan. Bayi yang sehat sendiri biasanya didefinisikan sebagai bayi yang lengkap dalam keadaan sehat ketika lahir. Tidak terjadi masalah apapun baik pada organ dalam ataupun kulit luarnya sehingga orangtua akan menjadi tenang. Tetapi bayi yang lahir dalam keadaan sehat saja tidak cukup akan tetapi harus dipertahankan agar bayi sehat selalu dan mempunyai perkembangan terbaik. Hal itulah yang didambakan oleh orangtua sehingga bayi tersebut dapat sehat hingga melewati masa bayi dan anak-anak yang bisa lebih sedikit lega karena bayi memang lebih rentan terkena penyakit karena metabolisme tubuhnya yang sangat lemah. Bagi orangtua yang ingin mempunyai bayi yang sehat bisa untuk melakukan beberapa tips berikut ini agar bayinya selalu dalam keadaan sehat.

  • Diberikan ASI

Langkah pertama untuk bayi agar selalu sehat adalah dengan diberikan ASI. Selain baik untuk pertumbuhan bayi karena ASI mempunyai kandungan yang sangat baik, dengan memberikan ASI daya metabolisme bayi juga akan lebih kuat. Sehingga biasanya bayi yang diberikan ASI lebih kuat dan tidak mudah sakit seperti bayi lainnya. Oleh karena itulah bagi ibu yang bisa memberikan bayi dan tidak mempunyai masalah untuk memproduksi air susu yang keluar lancar sebaiknya memberikan ASI eksklusif kepada bayinya.

  • Makanan terbaik

Langkah kedua agar bayi sehat selalu adalah selain diberikan ASI, ketika sudah saatnya orangtua bisa untuk memberikan makanan sehat yang dipilih dengan tepat. MPASi atau makanan pendamping ASI adalah makanan sehat yang bisa diberikan kepada bayi untuk mendampingi ASI atau susu formula yang diberikan untuk bayi. Usia untuk memberikan MPASi ini tergantung dari perkembangan bayi bisa dari 4 bulan akan tetapi idealnya adalah usia 6 bulan dimana pemberian ASI eksklusif dari ibu berakhir. Berikan makanan terbaik seperti buah, sayur, dan makanan yang mempunyai kandungan gizi yang baik untuk bayi.

  • Berikan mainan terbaik

Hal yang bisa dilakukan oleh orangtua selanjutnya adalah dengan memberikan mainan terbaik untuk bayinya. Setiap anak pasti suka dengan mainan akan tetapi yang harus diingat adalah mainan tersebut harus dibeli disesuaikan dengan umur anak tersebut. Untuk bayi berikan mainan yang dapat untuk merangsang kerja panca inderanya seperti bunyi-bunyian dan lainnya.

  • Sesuaikan perkembangan dengan usianya

Dan tips terakhir untuk mempunyai bayi sehat dan mempunyai pertumbuhan terbaik adalah dengan selalu mengawasi perkembangan bayi tersebut. Anda bisa untuk selalu mengawasi bayi tersebut apakah perkembangannya sesuai dengan perkembangan bayi. Seperti kapan ia merangkak, mulai berbicara, bisa untuk berjalan, dan berbagai perkembangan lainnya. Ketika bayi Anda telat perkembangan dalam jangka waktu yang lama sebaiknya segera periksakan ke dokter apakah ada yang salah atau tidak.

 

 

Be the first to comment on "Tips Agar Bayi Sehat Selalu dan Mempunyai Perkembangan Terbaik"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*