Tips Agar Pertumbuhan Bayi Lebih Optimal

Para orangtua tentunya menginginkan agar bayinya bisa tumbuh dan berkembang dengan optimal. Sebenarnya ada beragam cara yang bisa ditempuh agar pertumbuhan bayi bisa lebih maksimal. Beberapa diantaranya adalah dengan melakukan hal-hal berikut ini:

ASI dan Makanan Bergizi

Supaya bayi bisa tumbuh dengan optimal, maka perlu diberikan makanan-makanan yang bergizi agar kebutuhan untuk tumbuh kembangnya dapat terpenuhi. Bagi bayi yang masih berusia 0-6 bulan sangat perlu diberikan ASI eksklusif, dan jika sudah berusia 6 bulan ke atas, maka perlu diberikan MPASI (Makanan Pendukung ASI) yang bergizi. Kenapa pemberian ASI sangatlah penting? Karena ASI mengandung gizi yang tidak bisa didapatkan di susu formula, selain itu dengan memberikan ASI maka jalinan kasih antara ibu dan bayi akan semakin dekat.

Menjaga Kebersihan Bayi

Bayi memiliki kekebalan tubuh yang masih rendah, oleh karena itu lingkungan dan tubuhnya harus dijaga kebersihannya, baik itu dari sisi pakaiannya, makanannya, juga lingkungan yang ada di sekitar bayi.

Istirahat Cukup

Di masa pertumbuhannya, bayi membutuhkan istirahat yang cukup. Berikan suasana yang nyaman agar bayi bisa tidur dengan baik. Dengan kualitas istirahat yang cukup, maka pertumbuhan bayi akan lebih optmal.

Imunisasi

Imunisasi pada bayi sangatlah penting dan sangatlah diperlukan karena akan memberikan kekebalan bayi dari serangan virus. Ketika melakukan imunisasi pada bayi, jangan lupa untuk menimbang serta mengukur bayi, hal ini untuk melihat perkembangan bayi dari waktu ke waktu. Lakukan imuniasi sesuai jadwal agar bayi terhindar dari berbagai macam penyakit.

Kasih Sayang

Kasih sayang untuk bayi sangatlah penting untuk diberikan. Dengan memberikan kasih sayang, maka bayi akan merasakan kenyamanan dan rasa aman. Dengarkan segala celoteh bayi seraya menatap matanya sehingga bayi pun merasa diperhatikan dan diberikan kasih sayang yang berlimpah.

Stimulasi

Berikan stimulasi pada si kecil dengan segala sesuatu yang ada di lingkungan sekitarnya. Stimulasi bisa diberikan dalam beberapa tahapan seperti melihat, mendengar, atau menirukan suatu gerakan. Selain itu stimulasi juga bisa diberikan dengan mainan atau musik agar dapat merangsang perkembangan visual, bahasa, sosio-emosional, kemandirian serta sensorik.  

Pola Hidup Sehat

Hal lainnya yang penting untuk dilakukan agar bayi tumbuh optimal adalah dengan membiasakan pola hidup sehat. Pola hidup sehat ini harus diterapkan pada bayi sejak dini, seperti dengan memberikan nutrisi yang seimbang serta istirahat yang cukup.

Lakukan Cek Rutin

Perlu dilakukan cek atau pemeriksaan rutin pada bayi, baik itu dari berat badan dan kondisi tubuh lainnya. Cek rutin ini berfungsi untuk mengetahui perkembangan anak dan mengetahui kondisi anak untuk meminimalisir adanya resiko atau hal-hal yang mengganggu dalam pertumbuhan anak.

Itulah beberapa tips agar pertumbuhan bayi bisa lebih optimal. Bayi yang tumbuh optimal merupakan bayi yang sehat dan lebih minim resiko terkena penyakit.

Be the first to comment on "Tips Agar Pertumbuhan Bayi Lebih Optimal"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*