Tips Aman Memilih Mainan Bayi yang Bagus untuk Tumbuh Kembang Si Kecil

Tips Aman Memilih Mainan Bayi yang Bagus untuk Tumbuh Kembang Si Kecil

Mainan merupakan alat penting yang bisa menjadi stimulus bagi perkembangan bayi. Pasalnya dalam masa perkembangan ini, bermain menjadi kegiatan yang dapat membangun fisik dan mental bayi.  Namun, memilih mainan bayi usia 6 bulan sampai satu tahun bukanlah perkara mudah. Tidak sembarangan, Anda sebagai orang tua harus memilih mainan yang dapat memancing kemampuan berpikir.

Tips Aman Memilih Mainan Bayi yang Bagus untuk Tumbuh Kembang Si Kecil

Berikut beberapa mainan bayi yang dapat membantu mengeksplorasi si kecil dalam perkembangan panca inderanya.

Papan Aktivitas

Papan aktivitas merupakan salah satu mainan bayi yang tepat untuk usia 6 bulan hingga 1 tahun Dengan melengkapi berbagai macam mainan di atasnya, membuat bayi tertarik mengeksplorasi benda-benda tersebut dengan cara memutar, membuka, menjatuhkan dan meremas benda-benda yang ada di depannya. Papan aktivitas ini juga dapat melatih koordinasi tangan fungsi sensoriknya agar bekerja seirama. Namun, sebelumnya pastikan jika tidak ada benda berbahaya yang Anda letakkan di atas papan aktivitas.

Buku

Jangan biasakan si kecil terhibur dengan gadget atau mainan elektroik lainnya. Gunakan buku cerita sebagai wahana bermain anak dengan membacakan dongeng. Mendengar Anda berdongeng bisa melatih keterampilan bahasa si bayi. Jangan lupa untuk tidak memberikan buku yang berbahan kertas dan mudah sobek karena akan memancing si kecil untuk memakan sobekan kertasnya.

Balok

Latih kemampuan motorik dan kreativitas bayi dengan mengajaknya menyusun balok. Ajarkan si kecil untuk meletakkan balok pada tempat tertentu atau Anda juga bisa membiarkan anak memainkan balok sesuai dengan kreativitas dan imajinasinya.

Bola

Bola bisa menjadi mainan bayi yang sangat menarik, apalagi bagi anak yang berusia di bawah satu tahun. Bentuknya yang bulat membuat bola dapat dimainkan dengan berbagai macam cara, seperti digelindingkan dan dilempar ke sana kemari. Usahakan bayi mengikuti arah kemana bola tersebut bergulir untuk melatih otot kaki dan tangannya bergerak secara bersamaan. Untuk anak yang lebih besar di kisaran usia tahun, Anda bisa menggunakan bola dengan bermain lempar dan tangkap bola. Aktivitas ini dapat tentunya akan menghibur dan melatih daya tanggap si kecil.

Boneka

Boneka selalu menjadi mainan favorit anak-anak. Bentuknya yang beragam membuat bayi tertarik untuk memegangnya. Namun, sebelum Anda berikan kepada bayi Anda, pastikan boneka tersebut tidak terdapat benda kecilnya seperti kancing dan benang lepas. Karena benda-benda ini memungkinkan bisa tertelan oleh si kecil.

Baca juga: Tips Aman yang Bisa Dilakukan untuk Orang Tua dalam Membelikan Mainan Bayi

Mainan Berbentuk Perlengkapan Rumah Tangga

Mainan yang bentuknya menyerupai peralatan rumah tangga, seperti sendok kayu, cangkir, atau mangkok plastik dengan beragam warna sangat menarik perhatian bayi yang berusia 6 bulan sampai 1 tahun. Jangan lupa untuk meletakkan perlengkapan mainan ini di tempat yang muda dijangkau agar risiko terjatuh menimpa bayi bisa terhindarkan.

 

Be the first to comment on "Tips Aman Memilih Mainan Bayi yang Bagus untuk Tumbuh Kembang Si Kecil"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*