Tips Aman Memperlancar ASI Agar Berlimpah untuk Si Kecil

Tips Aman Memperlancar ASI Agar Berlimpah untuk Si Kecil

Pertumbuhan bayi dalam enam bulan pertama merupakan masa-masa di mana Air Susu Ibu menjadi asupan paling penting bagi si kecil. ASI mengandung semua nutrisi yang diperlukan bayi yang selain bisa menjaga bayi tetap sehat, juga mampu menurunkan risiko alergi yang kemungkinan bisa menghampiri.

Tips Aman Memperlancar ASI Agar Berlimpah untuk Si Kecil

Sayangnya, banyak ibu yang mengalami kesulitan mengetahui bagaimana cara memperbanyak air susu hingga menyebabkan bayi mereka tidak mendapatkan ASI Eksklusif dalam enam bulan pertama. Oleh karena itu, simak tips aman yang dapat Anda lakukan untuk memperbanyak air susu.

  • Istirahat yang Cukup

Kondisi tubuh yang tetap bugar dan sehat merupakan kunci utama untuk menjaga kestabilan produksi ASI. Oleh karena itu, pastikan kondisi tubuh Anda sudah mendapat istirahat yang cukup. Selain itu, istirahat juga bisa Anda lakukan dengan mengurangi kegiatan di luar rumah atau sambil bersantai bersama si kecil saat bermain.

  • Hindari Cemas dan Stres

Untuk menghasilkan produksi ASI yang berlimpah, sebaiknya Anda menjaga kondisi mental Anda dengan menghindari stress dan rasa cemas yang berlebihan karena kurangnya produksi air susu. Dengan pikiran yang kacau, proses keluarnya air susu bisa terhambat. Maka dari itu, tidak perlu segan untuk meminta bantu dari anggota keluarga yang lain untuk membantu Anda melakukan pekerjaan rumah tangga. Dengan ini, Anda bisa fokus memberikan asupan nutrisi kepada bayi tanpa dibebani dengan urusan yang lain.

  • Berikan ASI Secara Berkelanjutan

Untuk ibu yang baru pertama kali memiliki bayi, mengatur jadwal pemberian ASI bisa menjadi perkara yang sulit dilakukan karena minimnya pengalaman. Kendati demikian, sebaiknya berikanlah air susu secara terus-menerus, minimal dua jam sekali atau kapanpun bayi membutuhkannya. Untuk bayi yang baru lahir, biasanya akan meminum air susu sebanyak delapan hingga dua belas kali dalam sehari. Dengan memberikan air susu secara berkelanjutan akan menambah produksi air susu. Hal ini disebabkan karena pada saat Anda memberikan air susu, hormon prolaktin akan terus bekerja. Semakin banyak hormon ini bekerja, maka semakin banyak pula jumlah produksi air susu Anda.

  • Berbagi dengan Ibu Menyusui Lainnya

Tips selanjutnya yang dapat memperlancar jalannya ASI adalah dengan berbagi sesama ibu menyusui. Bertemu dengan ibu menyusui lainnya dapat membuat Anda memiliki teman berbagi berita dan bertukar pendapat jika menemui hambatan dalam menyusui si kecil.

  • Beri Suasana Nyama Saat Menyusui

Suasana saat Anda sedang menyusui tidak boleh dianggap remeh. Oleh karena itu, usahakan untuk mencari tempat yang nyaman saat menyusui si bayi, misalnya mencari tempat duduk yang membuat perasaan Anda rileks, mendengarkan musik kesukaan Anda sembari menyusui juga bisa jadi pilihan terbaik.

Baca juga artikel menarik lainnya di bayionline.net

  • Pijat Payudara

Tips lainnya yang tak boleh Anda lewatkan adalah memijat payudara. Lakukan pemijatan pada payudara Anda secara perlahan dan lembut. Pemijatan mulai dari sisi luar payudara kemudian diarahkan ke bagian dalam. Lakukan dengan searah jarum jam.

 

Be the first to comment on "Tips Aman Memperlancar ASI Agar Berlimpah untuk Si Kecil"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*