Tips Ampuh Membersihkan Pakaian Si Kecil dengan Aman

Pasca kelahiran menjadi masa yang membahagiakan namun juga menjadi masa-masa perjuangan babak baru bagi sang ibu. Pasalnya, setelah menjalani masa kelahiran yang mungkin memberikan dampak pada tubuh yang sulit bergerak baik karena masih dalam masa pemulihan dan lain-lain tentu saja Anda juga harus mempelajari beberapa hal khususnya mengenai cara mencuci baju bayi. Pertanyaan yang sering kali muncul dalam benak seorang ibu muda yaitu “mengapa cara mencuci baju si kecil harus dipelajari”. Jawaban paling cocok untuk menjawab pertanyaan tersebut yaitu karena si kecil memiliki kulit yang masih sangat sensitif sehingga apabila cara mencuci bajunya sembarangan dan tidak diperhatikan maka bisa jadi si kecil tidak akan merasa nyaman dan merasa terganggu setiap saat.

Cara mencuci baju bayi baru lahir memang susah-susah gampang. Susah karena mungkin ini menjadi pengalaman pertama Anda sebagai seorang ibu sehingga masih sering merasakan mual khususnya ketika mencuci baju si kecil yang kotor karena dikenakan ketika sedang buang air. Salah satu langkah awal untuk mengetahui cara mencuci setiap baju si kecil adalah dengan memperhatikan tabel petunjuk yang tertera pada produk baju tersebut. Biasanya produsen baju akan memberikan tata cara sederhana untuk membersihkan kotoran atau pun noda pada pakaian si kecil. Jumlah pakaian si kecil yang sangat banyak tentu menjadi kendala utama apabila Anda ingin mencucinya dengan cuci tangan biasanya sehingga penting bagi Anda untuk lebih memperhatikan pakaian si kecil ketika ingin mencucinya menggunakan mesin cuci.

Biasanya, beberapa pakaian yang bisa dicuci menggunakan mesin cuci biasanya terdapat label petunjuk pada ujung bagian bawah pakaian tersebut sehingga aman-aman saja apabila Anda ingin setiap hari dan setiap waktu mencuci pakaian si kecil menggunakan mesin cuci. Sebelum mencuci, pastikan terlebih dahulu Anda sudah memilihkan antara popok kain dan juga baju bayi. Untuk penghilang noda baju, pastikan Anda tidak menggunakan detergen atau pewangi yang mengandung bahan kimia keras yang mungkin akan mengganggu kualitas pakaian. Akan lebih baik jika Anda membeli detergen dan pewangi pakaian khusus bagi yang akan memberikan keharuman dan kelembutan pada semua pakaian si kecil.

Untuk bisa mendapatkan hasil yang optimal, Anda bisa saja mencuci pakaian si kecil di air hangat agar noda bisa dengan mudah terangkat. Apabila cara ini Anda gunakan maka perhatikan suhu air tersebut, pastikan jika suhu air yang Anda gunakan untuk mencuci antara 30 – 40 derajat celcius. Namun apabila Anda kesulitan menentukan suhu tersebut maka sebaiknya Anda mencuci dengan air pada suhu yang normal saja. Khusus bagi si kecil yang memiliki kulit yang sangat sensitif, Anda bisa mempersiapkan berbagai perlengkapan khusus bayi untuk mencuci pakaian tersebut.

Cara paling ampuh untuk menghilangkan noda di baju putih si kecil yaitu dengan menggunakan detergen cair  khusus bayi karena menurunkan adanya risiko iritasi pada kulit si kecil. Namun pada beberapa bayi, mereka akan tahan dengan kondisi pakaian meskipun pakaian tersebut dicuci menggunakan detergen yang bisanya digunakan oleh anggota keluarga yang lainnya. Agar lebih mudah menghilangkan noda pada baju, alangkah lebih baiknya Anda merendam pakaian tersebut terlebih dahulu beberapa saat sebelum kemudian mencucinya. Noda-noda yang biasanya terdapat pada baju putih si kecil diantaranya yaitu noda sisa-sisa susu, urine, muntahan atau bisa juga kotoran si kecil. Sebelum merendamnya, pastikan Anda sudah mengguyur noda-noda tersebut menggunakan air bersih.

Be the first to comment on "Tips Ampuh Membersihkan Pakaian Si Kecil dengan Aman"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*