Tips Bijak Memberikan Vitamin Bayi

Bayi yang sedang dalam masa perkembangan dan pertumbuhan memerlukan asupan khusus untuk mendukung pertumbuhannya. Salah satu asupan yang diberikan orang tua kepada bayinya adalah MPASI atau makanan pendamping ASI. Namun, jika MPASI dianggap belum mencukupi untuk mendukung tumbuh kembang bayi, salah satu cara yang ditempuh orang tua adalah dengan memberikan berbagai vitamin yang diperlukan oleh si bayi. Namun, memilih vitamin bagi bayi dapat digatakan gampang-gampang susah, sebab umumnya tidak semua vitamin cocok untuk bayi, dan masing-masing bayi membutuhkan vitamin yang berbeda-beda, misalnya vitamin tulang, dan jenis vitamin lainnya. Berikut ini akan dibahas mengenai tips bijak memberikan vitamin bayi untuk mendukung pertumbuhan bayi, terutama yang berumur di bawah dua tahun.

Vitamin untuk Bayi Melalui ASI

Bayi memerlukan berbagai jenis vitamin. Ada vitamin bayi yang diberikan langsung pada bayi, ada juga vitamin yang asupannya melalui orang tuanya, yaitu melalui air susu ibu. Kandungan ASI yang sehat juga akan membantu perkembangan bayi. Oleh sebab itu, sebelum memutuskan memberikan vitamin eksternal, yaitu vitamin yang dikonsumsi langsung oleh bayi, sebaiknya para ibu mengkonsumsi vitamin agar kandungan ASInya bagus. Mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran sangat dianjurkan unutk ibu yang menyusui, sebab sayuran dan buah-buahan mengandung berbagai jenis vitamin yang dibutuhkan oleh bayi. Selain banyak mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran, ibu yang sedang menyusui juga dianjurkan untuk mengkonsumsi daging, ikan laut, dan susu.

Vitamin Melalui MPASI

Makanan pendamping ASI atau MPASI biasanya akan diberikan pada bayi ketika usia bayi sudah di atas enam bulan. Kebutuhan bayi yang semakin besar akan asupan gizi membuat ASI yang dihasilkan oleh sang ibu sudah tidak cukup lagi untuk mendukung tumbuh kembang bayi, oleh sebab itulah memberikan MPASI sangat penting untuk dilakukan. MPASI yang baik diberikan pada bayi adalah makanan yang teksturnya lembut, diutamakan makanan cair, misalnya seperti jus sauran dan buah-buahan yang tidak terlalu padat dan tidak mengandung banyak serat yang dapat menyebabkan bayi tersedak. Ketika baru memberikan MPASI, makanan seperti bubur bayi dapat dicoba. Untuk MPASI yang memiliki kandungan vitamin tinggi, orang tua bisa membeli MPASI kemasan yang biasanya terdiri dari makanan olahan yang mengandung berbagai jenis vitamin.

Vitamin Melalui Susu Formula

Susu formula yang bagus umumnya memiliki kandungan berbagai jenis vitamin yang akan membantu tumbuh dan kembang si bayi. Perhatikan kadar vitamin yang terkandung pada sebuah susu formula melalui kemasannya. Jika kadar dan kandungan vitaminnya cukup tinggi, maka susu formula tersebut dapat digunakan sebagai vitamin alternatif bagi bayi.

Itulah beberapa vitamin bayi yang cocok diberikan kepada bayi. Memberikan vitamin yang bentuknya padat, misalnya yang berbentuk pil atau kapsul akan sangat riskan bagi bayi. Oleh sebab itu, memberikan vitamin pada bayi dapat dilakukan dengan cara yang lebih mudah seperti yang dijelaskan di atas.

 

Be the first to comment on "Tips Bijak Memberikan Vitamin Bayi"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*