Tips Memandikan Bayi Baru Lahir dengan Benar dan Tepat

Tips Memandikan Bayi Baru Lahir dengan Benar dan Tepat

Bayi yang baru lahir memang membutuhkan kehati-hatian yang ekstra karena masih sangat rentan. Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah ketika akan memandikan bayi baru lahir sehingga tidak akan salah. Terutama untuk orangtua baru yang masih membutuhkan bimbingan agar bisa untuk memandikan bayinya dengan tepat. Ketika akan memandikan tersebut ada beberapa langkah yang harus diperhatikan. Sehingga orangtua tidak perlu khawatir karena apabila mengikuti langkah yang tepat maka bisa untuk memandikannya dengan benar. Dimana beberapa tips yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut ini:

 Tips Memandikan Bayi Baru Lahir dengan Benar dan Tepat

  • Intensitas mandi bayi

Langkah pertama yang harus diperhatikan adalah dari intensitas mandi bayinya. Dimana untuk bayi baru lahir tidak perlu untuk mandi terlalu sering. Dan hal yang harus diperhatikan adalah cukup untuk mengganti popok bayi dengan rutin agar kulitnya tidak mengalami gatal dan menghindari rasa tidak nyaman karena pemakaian popok yang terlalu lama. Akan tetapi intensitas mandi bayi ini sendiri tergantung dari orangtua dan juga menyesuaikan dengan suhu dan tempatnya. Akan tetapi akan lebih baik untuk bayi baru lahir sebaiknya tetap mandi dua kali sehari agar tetap bersih.

  • Menentukan waktu mandi yang tepat

Tips selanjutnya yang harus diperhatikan adalah dari waktu mandinya yang harus diperhatikan dengan baik. Untuk menentukan waktu memandikan bayi baru lahir sendiri bisa untuk menggunakan beberapa pertimbangan. Misalnya saja bagi Anda yang ingin memandikan anaknya hindari untuk langsung memandikan setelah memberikan ASI. Hal tersebut akan membuatnya tidak nyaman karena perutnya baru saja terisi dan bisa menyebabkan bayi masuk angin dan bahkan hingga muntah. Untuk waktu yang tepat bayi mandi ini adalah ketika pagi hari dan juga sore. Akan tetapi hal yang harus diperhatikan adalah selalu menggunakan air hangat ketika akan memandikannya sehingga ia akan lebih nyaman.

  • Mandi untuk bayi yang tali pusarnya belum lepas

Tips selanjutnya yang harus diperhatikan adalah untuk bayi baru lahir yang masih mempunyai tali pusar atau belum lepas. Untuk kondisi ini ada beberapa cara tepat yang bisa digunakan seperti menggunakan alas meja, membaringkan bayi pada punggung, cukup dengan mengusap untuk membasahi tubuh bayi, dan juga membersihkannya dengan menyeluruh. Kemudian baru di pakaian yang nyaman setelah dimandikan.

Baca juga artikel menarik lainnya di bayionline.net

  • Mandi untuk bayi yang tali pusarnya sudah lepas

Dan tips terakhir yang harus diperhatikan ketika akan memandikan bayi adalah untuk bayi baru lahir yang tali pusarnya sudah lepas. Untuk bayi tersebut biasanya masih akan mempunyai bekas luka apabila mengering sehingga harus hati-hati. Dimana cara yang bisa digunakan adalah cukup dengan menyeka bagian tubuhnya untuk dibersihkan dan lakukan secara hati-hati dan lembut agar bayi merasa nyaman.

 

Be the first to comment on "Tips Memandikan Bayi Baru Lahir dengan Benar dan Tepat"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*