Tips Memandikan Bayi Secara Benar Agar Kulitnya Sehat dan Lembut

Menjaga kesehatan kulit bayi sangat penting mengingat kulitnya masih sangat sensitfif, rentan terkena bakteri dan iritasi. Kulitnya yang lembut tidak boleh bersentuhan dengan bahan kimia. Perawatan yang salah bisa membuat kulit bayi tidak sehat, seperti kulit kering, kulit memerah disertai bintik-bintik kecil, ruam, dan gatal-gatal. Agar kulit bayi sehat dan lembut salah satu perawatannya adalah dengan memandikan bayi secara benar.

Hal-Hal Penting Memandikan Bayi

Saat dua bulan pertama awal kelahiran sebaiknya jangan terlalu sering dimandikan dengan cara diguyur atau tubuhnya dimasukkan ke bak mandi. Saat usia awal kelahiran sebaiknya bayi dimandikan dengan cara di waslap

Karena kulit bayi masih sangat sensitif dan lembut jangan gunakan sabun anti bakteri seperti sabun orang dewasa pada umumnya. Karena sabun anti bakteri sifatnya keras dan tidak baik untuk kesehaan kulit bayi. Gunakan sabun khusus bayi yang bisa membuat kulit bayi lebih lembut dan putih.

Bersihkan bagian-bagian lipatan yang tersembunyi seperti: ketiak, selangkangan, sela-sela jari kaki dan tangan. Bagian tubuh yang tersembunyi tersebut sering menempel kotoran yang menggumpal dan mudah terkena bakteri.

Baca Juga: Harga Kereta Bayi & Tips Memilih Model yang Aman

Perhatikan kebersihan alat kelamin dan anusnya. Membersihkan kelamin bayi perempuan adalah dengan membersihkan kelamin pada sela-selanya. Gunakan waslap atau kapas.

Sedangkan membersihkan kelamin bayi laki-laki caranya adalah membasuh dan membersihkan lubang kencingnya menggunakan lap basah yang lembut. Atau lebih aman gunakan kapas basah. Kulit kelamin merupakan salah satu bagian kulit bayi yang sensitive dan mudah terkena iritasi. Jadi, harus dengan teratur membersihkannya hingga benar-benar bersih.

Pastikan air yang digunakan adalah air hangat sekitar 35 – 37 derajat celcius. Sebelum bayi dimasukkan ke bak, masukkan terlebih dahulu tangan Anda. Jangan gunakan air dingin karena dapat mengganggu kestabilan organ tubuh bayi dan menyebabkan mudah terkena masuk angin atau flu. Jangan pula menggunakan air yang terlalu panas karena bisa membuat kulit melepuh dan kulit menjadi kering.

Hal-Hal Penting Setelah Mandi

Setelah mandi keringkan tubuh bayi dengan handuk yang lembut. Setelah kering, oleskan body lotion atau krim bayi pada kulit yang sensitif. Body lotion bisa membantu kulit terjaga kelembabannya. Gunakan body lotion khusus bayi yang tidak memiliki kandungan pewangi, pewarna dan bahan kimia yang berbahaya. Setelah itu oleskan minyak telon terutama di bagian dada, punggung dan telapak kaki agar badannya hangat. Lalu taburi bedak, bisa menggunakan bantuan spons agar bubuk bedak tidak bertebaran. Hindari menaburi bedak di alat kelaminnya.

Memandikan bayi harus dilakukan dengan benar agar bayi tidak mengalami cidera. Dengan mandi tubuh bayi merasa lebih nyaman dan terhindar dari penyakit kulit yang bisa mengarah terjadinya infeksi. Jangan mandikan bayi yang baru diberi susu atau makan, sebaiknya beri jeda sekitar setengah atau satu jam setelah itu baru boleh dimandikan.

Be the first to comment on "Tips Memandikan Bayi Secara Benar Agar Kulitnya Sehat dan Lembut"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*