Tips Memandikan Bayi yang Aman dan Menyenangkan

Merawat dan membesarkan bayi merupakan kebahagiaan tersendiri bagi setiap orang tua. Melihat bayi yang dibesarkannya dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, melihat kebisaan baru yang diperlihatkan dan dilakukan bayi pada periode tertentu, tidak jarang membuat orang tua merasa takjub dan kagum akan pertumbuhan bayinya. Salah satu fase yang harus dihadapi dan dijalani oleh orang tua adalah harus memandikan bayi. Memandikan seorang bayi dapat dikatakan gampang-gampang susah. Tidak semua orang tua mampu memandikan sendiri bayinya, dan bahkan lebih cenderung menggunakan jasa orang lain yang lebih berpengalaman untuk memantu memandikan bayinya setiap hari. Bahkan, tidak jarag orang tua yang lebih mengandalkan nenek si bayi untuk memandikan bayinya tersebut. Sebenarnya, kegiatan memandikan seorang bayi dapat dijadikan kegiatan yang menyenangkan jika orang tua mengetahui trik dan cara-caranya. Berikut ini adalah beberapa tips memandikan anak bayi yang aman dan menyenangkan.

Memandikan di Ember

Memandikan bayi di dalam ember merupakan metode yang paling banyak digunakan oleh orang tua dan perawat bayi. Cara ini relatif lebih aman dan mudah bagi orang yang akan memandikan anak bayi. Siapkanlah ember persegi panjang yang berisi air hangat dengan kedalaman empat hingga lima jari orang dewasa. Pastikan air di dalam ember tersebut tidak terlalu panas dan tidak dingin, yaitu hangat kuku sehingga bayi akan nyaman. Akan lebih nyaman jika ember mandi tersebut diletakkan di atas meja yang lebar, sehingga orang tua akan memandikan anak bayinya dalam posisi berdiri.

Langkah selanjutnya, gendonglah bayi dengan posisi tangan kiri orang yang memandikan berada di bawah leher belakang bayi, sedangkan tangan kanan orang yang memandikan memapah bagian bokong. Masukkanlah bayi ke dalam ember mandi, dengan posisi tangan kiri yang memandikan masih di bawah leher, sementara bokong bayi diletakkan di belakang ember, sehingga posisi bayi di antara duduk dan terlentang. Tangan kanan orang yang memandikan mulai bisa menyiram-nyiramkan air ke sekujur badan bayi dan menyabuni bagian tubuh bayi hingga rata.

Jika Bayi Rewel dan Aktif Bergerak Saat Dimandikan

Ketika bayi cenderung diam atau tidak banyak bergerak saat dimandikan di dalam ember mandi, tentu tidak akan menjadi kesulitan bagi orang tua. Namun jika bayi rewel, bergerak aktif dan tidak jarang kakinya menerjang-nerjang bagian sisi ember, tentu orang tua yang memandikan anak bayinya akan merasa kerepotan bahkan khawatir bayinya akan terjatuh. Jika sudah demikian, sebaiknya orang tua mengubah posisi bayinya. Jauhkan kaki bayi dari jangkauan sisi ujung ember, atau sandarkan bayi di salah satu sisi ember sehingga bayi lebih nyaman ketika dimendikan. Ajaklah bayi berinteraksi selama dimandikan, sehingga perhatian bayi akan teralihkan. Memandikan bayi sebaiknya tidak lebih dari lima menit agar bayi tetap nyaman.

 

Be the first to comment on "Tips Memandikan Bayi yang Aman dan Menyenangkan"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*