Tips Memandikan Bayi yang Tepat Agar Terhindar Dari Cidera

Memandikan bayi merupakan tantangan tersendiri terutama bayi yang masih berumur minggu-minggu pertama. Cara memandikan bayi yang baru lahir tentu berbeda dengan bayi yang usianya 6 bulan ke atas. Ketika memandikan posisi tangan Anda dan badan bayi harus benar. Sebelum memandikan, Anda harus mempersiapkan semua keperluan mandi, mulai dari: sabun, waslap, shampoo, handuk, bak mandi, minyak telon, bedak, dan baby oil.

Berikut adalah tips cara memandikan bayi mulai dari persiapan sampai cara memandikannya

Step By Step Posisi Tangan Saat Memandikan

Bayi yang baru lahir tidak dianjurkan mandi dengan cara diguyur atau dimasukkan ke dalam bak. Sebaiknya dimandikan dengan cara dilap dengan waslap. Caranya baringkan di atas meja atau kasur yang sudah dilapisi handuk kering. Kemudian usap seluruh tubuhnya dengan menggunakan waslap yang sudah ditetes sedikit sabun. Sebaiknya jangan gunakan sabun yang banyak mengeluarkan busa. Lalu bersihkan dengan waslap basah. Gunakan air hangat suam-suam kuku.

Baca juga: Tips Memandikan Bayi Secara Benar Agar Kulitnya Sehat dan Lembut

Sedangkan bayi yang usianya lebih dari tiga bulan sudah dapat dimandikan di dalam bak. Posisi yang benar memandikannya adalah dengan menyandarkan badan bayi secara tegak lurus ke bibir bak atau membaringkan tubuhnya dengan bagian belakang kepala dan tubuhnya menyangga tangan kiri. Berikut penjelasannya:

  1. Letakkan lengan kiri Anda di bawah kepada dan bahu bagi. Pegang lengan kirinya pada bahu agar aman. Saat menurunkannya ke dalam ember mandi lakukan pelan-pelan. pegang kakinya menggunakan tangan kanan Anda.
  2. Pegang ia dengan tangan kiri, bagian lengan disandarkan pada pinggiran ember. Sedangkan bagian kanan tangan Anda membilas dan membersihkan tubuhnya.
  3. Balikkan tubuhnya dengan tangan dan lengan kiri (posisi tengkurap). Pastikan dada dan dagunya menyangga pada lengan. Gunakan tangan kanan untuk membilas dan membersihkan punggungnya.  

Langkah Memandikan Bayi

  • Basuhlah kedua tangan dengan sabun dan air, cuci hingga bersih.
  • Persiapkan keperluan mandi seperti handuk dan sabun. Letakkan di atas meja.
  • Tuangkan air hangat ke dalam bak mandi bayi. Suhu air jangan terlalu panas maupun dingin, pastikan kondisi air hangat suam-suam kuku atau dengan suhu 36 – 37 derajat celcius. Kedalaman air 10 cm.
  • Masukkan bayi ke dalam bak sesuai dengan urutan yang sudah dijelaskan.
  • Bersihkan mata bayi. Bisa menggunakan bantuan kapas yang diberi air bersih.
  • Bersihkan lubang hidung bayi dengan kapas baru yang masih bersih.
  • Lalu bersihkan bagian luar telinga bayi.
  • Basuh bagian wajah hanya dengan air saja.
  • Sabuni kepala dengan sabun di tangan. Lakukan gerakan melingkar.
  • Basuh seluruh tubuhnya dengan waslap atau lap yang sudah diberi sabun. Bilas hingga bersih. Lakukan dengan cara yang perlahan dan lembut.

Memandikan bayi tidak boleh lebih dari 10 hingga 15 menit agar tubuhnya tetap dalam pada suhu normal.

Be the first to comment on "Tips Memandikan Bayi yang Tepat Agar Terhindar Dari Cidera"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*