Tips Membeli Boneka Bayi Yang Aman

Mainan anak identik dengan boneka karena umumnya anak kecil menyukai boneka, tidak hanya anak perempuan tapi juga anak laki-laki. Sekarang sudah banyak pilihan bentuk, model, dan bahan boneka. Ada yang bentuknya tokoh kartun, binatang, makanan, dan masih banyak bentuk lain yang tidak kalah menarik. Karena banyak sekali pilihan membuat banyak orang tua bingung memilih boneka bayi yang aman.

Membeli boneka terutama untuk anak di bawah satu tahun tidak bisa sembarangan. Penting mendahulukan poin keamanan dan kenyamanan. Bagaimanan cara memilih boneka yang aman dan cocok untuk bayi? Berikut tips trik memilih boneka yang aman dan tepat bagi buah hati Anda

Sesuaikan Boneka dengan Ukuran Tubuh Bayi

Membeli boneka untuk bayi yang pertama harus diperhatikan adalah ukurannya. Jangan pilih boneka yang ukurannya lebih besar dan tinggi tubuhnya. Dikhawatirkan boneka menindih bayi apalagi jika bonekanya besar dan berat bisa berbahaya. Begitupun sebaliknya, jangan memilih boneka yang ukurannya kecil karena ia akan kesulitan untuk memainkannya.

Baca Juga : Pilih Diaper yang Tepat untuk Cegah Ruam Popok Pada Buah Hati

Bahan Boneka yang Aman

Kulit bayi masih sangat lembut, tipis dan sensitif jadi pilih boneka yang tidak mengandung bahan kimia. Hindari boneka yang memiliki asesoris, karena bayi senang memasukkan benda-benda ke mulutnya. Jika bahan boneka berbulu pilih bahan skinny velvo yang tidak mudah rontok.  Pastikan boneka kuat tidak mudah lepas karena bayi suka menarik-narik. Perhatikan jahitannya, jangan sampai ada yang terbuka atau jahitannya tidak proposional.

Pilih Boneka dengan Warna Terang

Mainan untuk anak bukan hanya sebagai media bermain saja. Mainan bisa menjadi media belajar dan memahami sebab akibat. Itu sebabnya pilih mainan yang tepat agar bisa membantu perkembangan sensorik dan motoriknya.  Berilah boneka yang memiliki warna-warna cerah untuk melatih ketajaman penglihatannya dan belajar mengenal warna.

Selain warna, Anda bisa pilih boneka bayi yang mengeluarkan suara jika disentuh. Pastikan suara yang keluar tidak keras dan nyaring karena bisa menyebabkan bayi kaget. Sebaiknya pilih boneka yang memiliki pengaturan besar kecil volume. Mainan yang mengeluarkan suara dapat melatih kepekaan terhadap suara dan meningkatkan kemampuan kognitifnya.

Sesuaikan Boneka dengan Jenis Kelamin Bayi

Anggapan boneka hanya untuk anak perempuan tidaklah benar. Anak laki-laki pun boleh diberikan mainan boneka. Dalam penelitian terbukti bahwa boneka bisa meningkatkan rasa empati dan simpati. Pilihlah boneka sesuai  jenis kelamin. Misalnya: anak laki-laki bisa diberi boneka binatang, boneka mobil-mobilan, atau boneka tokoh kartun anak-anak.

Demikian tips dan trik memilih boneka bayi yang aman. Memilih boneka tidak hanya masalah merk, lucu atau karena karakter tokoh kartun yang sedang populer. Memilih boneka untuk buah hati harus dilakukan dengan cara yang benar dengan pertimbangan keselamatan dan kenyamanan si kecil saat bermain.

Be the first to comment on "Tips Membeli Boneka Bayi Yang Aman"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*