Tips Memberi Asi Eksklusif untuk Ibu Bekerja

Tips Memberi Asi Eksklusif untuk Ibu Bekerja

Pemberian asi eksklusif untuk bayi baru lahir hingga berusia 6 bulan sangat disarankan untuk menunjang tumbuh kembang bayi agar optimal. ASI mengandung berbagai nutrisi alami yang dibutuhkan oleh bayi untuk beranjak dewasa. ASI saja selama 6 bulan usia awal bayi sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Untuk itu, semua ibu diharapkan bisa memberikan asinya secara eksklusif hingga bayi berusia 6 bulan. Meski begitu, ibu bekerja memiliki kesulitan tersendiri untuk memberikan asi secara penuh karena jadwal kerjanya di luar rumah. Jika Anda merasakan kesulitan yang sama, berikut ini adalah beberapa tips untuk ibu bekerja agar tetap bisa memberikan yang terbaik untuk sang bayi:

 Tips Memberi Asi Eksklusif untuk Ibu Bekerja

  • Membeli pompa asi.

Kini sudah banyak produk pompa asi yang bisa ibu gunakan untuk memerah asi sehingga bisa ditampung dalam wadah untuk keperluan si bayi saat ibu sedang bekerja. Ibu bisa memompa asi di malam hari dan menyimpan asinya di botol khusus kemudian meletakkannya di dalam kulkas. Dengan begitu keesokan harinya saat ibu bekerja, sudah ada persediaan asi yang hanya perlu menghangatkannya saja untuk bisa diberikan pada si kecil kapanpun ia membutuhkannya.

  • Menggunakan layanan antar asi.

Selain di pompa di rumah sebelum berangkat bekerja, kini ibu juga bisa memanfaatkan layanan antar jemput asi yang diberikan oleh aplikasi ojek online. Ibu bisa memompa asi saat beristirahat di kantor untuk dikirimkan ke rumah. Sekarang ini peraturan pemerintah mewajibkan perusahaan yang mempekerjakan ibu menyusui untuk memberikan waktu agar ibu bisa memompa asi untuk diberikan pada si kecil. Dengan begitu tak ada alasan bagi ibu bekerja untuk tak melaksanakan program asi eksklusif.

  • Membawa termos khusus untuk botol asi.

Jika ibu bekerja namun bisa membawa serta bayinya, maka belilah termos penghangat botol bayi. Sebelumnya, pompa terlebih dahulu asi ibu kemudian simpan di dalam kulkas. Keesokan harinya, bawa beberapa botol asi dan termos penghangat agar nantinya bisa diberikan pada bayi dalam keadaan hangat.

  • Konsumsi makanan bergizi pelancar keluarnya asi.

Melakukan program pemberian asi selama 6 bulan, ibu akan memerlukan banyak nutrisi untuk memberikan asi yang sehat dan bergizi pada bayi. Karenanya, makanlah makanan yang sehat dan beragam agar produksi asi susu ibu mencukupi hingga bayi berusia 6 bulan.

 Baca juga artikel menarik lainnya di bayionline.net

Setelah bayi berusia 6 bulan, bukan berarti ibu bisa langsung menghentikan pemberian ASI. Anjuran untuk kesehatan bayi adalah memberikan asi hingga ia berusia 2 tahun, namun setelah berusia 6 bulan, ibu sudah bisa memberikan bayi makanan pendamping asi serta susu formula pendamping saat ibu sedang bekerja. Yang paling penting, selama 6 bulan pertama kehidupannya, bayi mendapatkan asi eksklusif untuk memberikan pondasi kesehatan yang kuat hingga ia dewasa.

 

Be the first to comment on "Tips Memberi Asi Eksklusif untuk Ibu Bekerja"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*