Tips Memilih Baju Bayi Yang Nyaman Dan Aman Saat Digunakan

Ada banyak macam pakaian bayi, mulai dari modelnya, bahannya dan warnanya. Memilih baju bayi tidak sekedar bagus atau mahal harganya, perlu pertimbangkan kriteria lainnya, karena kulit bayi masih sangat sensitif jika terkena benda. Berikut ini beberapa tips memilih baju bayi, terutama yang baru lahir:

 

  • Ukuran

 

Pertumbuhan bayi sangat cepat jadi Anda bisa beli baju yang ukurannya agak besar, tapi jangan terlalu kebesaran. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi pertumbuhan setelah beberapa bulan pertama. Hindari memilih baju yang terlalu kekecilan atau ketat, karena bisa membuat bayi tidak nyaman bergerak. Baju yang terlalu pas juga tidak baik untuk kesehatan kulit.

 

  • Bahan

 

Seperti yang sudah disebutkan di awal artikel bahwa kulit bayi masih sangat sensitif, itu sebabnya hati-hati dalam memilih bahan baju bayi. Pastikan bahannya mampu menyerap keringat dengan baik. Jika tidak, bisa membuat keringat menempel/ menumpuk di kulit, sehingga bisa menyebabkan iritasi atau gatal-gatal. Selain itu pastikan bahannya aman, tidak mengandung bahan kimia. Pastikan juga bahannya tidak mudah luntur.

Waktu bayi yang baru lahir akan banyak dihabiskan dengan tidur, jadi pilihlah baju yang hangat dan melindunginya saat tidur. Pakaian yang hangat bisa membuat bayi tidur dengan nyaman dan nyenyak. Hindari bahan yang kasar, karena bisa membuat kulit bayi terluka atau iritasi.

Bahan yang direkomendasikan untuk bayi adalah bahan katun atau wol. Jangan pilih baju yang bahannya mengandung serat tinggi karena bisa membuat ia kesulitan bernafas saat tidur.

Untuk sehari-hari bisa gunakan baju yang bahannya tipis. Apalagi saat siang hari atau pada waktu udara panas. Baju tipis lebih mudah kering dan memudahkan Anda saat mencuci.

 

  • Modelnya

 

Banyak orang tua yang mendandani bayi-nya dengan model baju yang penuh dengan aksesoris. Tujuannya untuk mempercantik bayi dan terlihat lebih fashionable. Hal tersebut tidak ada salahnya, namun sebaiknya gunakan bayi dengan baju yang sederhana dan mudah dipakaikan dan tidak mengganggu gerak bayi. Hindari menggunakan baju yang terlalu banyak aksesoris, karena selain bisa membuat bayi tidak nyaman dikhawatirkan membahayakan bayi.

Selain itu pilih model pakaian yang mudah dibuka dan dilepas. Hal ini mempermudah Anda saat memakaikan baju. Pilih baju yang bagian depannya terdapat kancing atau model oval all. Jika menggunakan kancing pastikan kancingnya terpasang dengan kuat. Tapi jangan terlalu banyak kancing. Ada juga model baju yang bagian bahunya terdapat kancing, model ini bisa dijadikan pilihan.

Demikian beberapa tips yang harus Anda perhatikan saat membeli baju bayi, terutama yang baru lahir. Pertimbangkan dahulu keselamatan dan kenyamanan bayi karena hal ini berdampak pada kesehatannya juga. Setelah itu baru perhatikan modelnya.

Be the first to comment on "Tips Memilih Baju Bayi Yang Nyaman Dan Aman Saat Digunakan"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*